Ragam  

Data Pegawai Pemkab Sukoharjo Bocor, Dibobol Hacker

Data pegawai Pemkab Sukoharjo dibobol hacker. (Tangkapan layar)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Sebuah akun Twitter @darktracer_int menggunggah sebuah peringatan jika data 6.000 pegawai Pemkab Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah diboroan ke “deep web” oleh aktor jahat. Unggahan tersebut dilakukan pada Jumat (9/9/2022) malam.


Unggahan asli tersebut adalah sebagai berikut: [ALERT] INDONESIA SUKOHARJO Regency government employees data (6K) was leaked to the deep web by a bad actor”.

Unggahan tersebut juga menyertakan logo Pemkab Sukoharjo disertai keterangan jika data 6.000 pegawai tersebut yang telah dibocorkan tersebut antara lain NIK, email, nomor handphone, nama lengkap, dan lainnya.

Bocornya data pegawai Pemkab Sukoharjo pun ramai mendapat tanggapan netizen. Seperti akun@pratondoo yang memberikan komnetar “Sans. Data aman. Wong Sukoharjo biasante ngaku wong solo”.

Sedangkan akun @teh_manis_panas memberikan komentar: “Ya Allah mas, Indonesia ki luas loh. Kota sek luwih gedhe, luwih apik wae okeh, kok jenengan malah milih Sukoharjo”.

Terkait bocornya data pegawai Pemkab Sukoharjo oleh hacker tersebut pun menjadi trending di Twiter dengan tagar #sukoharjo.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sukoharjo, Suyamto ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian itu. Suyamto menyampaikan saat ini data sudah ditutup pada Sabtu (10/9/2022) dini hari.

Suyamto juga mengaku Tim CSIRT Sukoharjo sudah melakukan pelacakan dan melakukan penutupan. Dsinggung apakah hacker yang membobok data adalah hacker yang sama “bjorka” yang menyerang Kementerian Kominfo, Suyamto menyampaikan hackr yang sama tapi berkolaborasi dengan hacker yang lain. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *