Dapat Turunkan Kesuburan, Hindari Makanan Ini Saat Promil

Makanan menurunkan kesuburan.(Foto: herstory)

Sukoharjonews.com – Kesuburan adalah hal yang kompleks. Banyak faktor yang dapat memengaruhi kemampuan individu atau pasangan untuk hamil. Salah satu yang ternyata memengaruhi kesuburan adalah kebutuhan nutrisi. Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah melakukan lebih banyak penelitian tentang pola makan dan makanan tertentu yang sebaiknya dipertimbangkan atau bahkan dihindari oleh wanita untuk meningkatkan peluang terjadinya kehamilan.

Dikutip dari Mother and Beyond, pada Minggu (30/6/2024), berikut makanan yang dapat turunkan kesuburan:

1. Daging Olahan
Konsumsi daging olahan seperti sosis, beef patty, daging asap, dan bacon berisiko meningkatkan risiko ketidaksuburan, baik pada perempuan maupun laki-laki. Penelitian menemukan bahwa pria yang banyak mengonsumsi daging olahan memiliki kualitas sperma yang lebih rendah dibandingkan pria yang mengonsumsi ikan.

Mereka yang makan kurang dari 1,5 porsi olahan daging per minggu memiliki peluang 23% lebih besar untuk mendapatkan kehamilan. Daging merah dan daging olahan juga mengandung banyak lemak trans dan lemak jenuh yang berisiko menurunkan kesuburan.

2. Kopi
Bukan berarti Anda tidak boleh minum kopi sama sekali, tapi minum kopi berlebihan terbukti bisa mengganggu produksi estrogen dan hormon lain yang penting untuk proses pembuahan. Hal ini kemudian juga bisa mempengaruhi proses ovulasi dan lamanya masa subur seorang perempuan. Saat sedang merencanakan kehamilan, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi lebih dari 2 cangkir kopi per hari.

3. Minuman Manis
Sebuah penelitian yang melibatkan 3.828 perempuan berusia 21-45 tahun yang sedang merencanakan kehamilan menemukan bahwa perempuan dan laki-laki yang mengonsumsi minuman manis sebanyak 7 kali per minggu mengalami penurunan kesuburan.

Minuman bersoda yang mengandung gula tinggi dan minuman berenergi menjadi 2 jenis minuman yang memiliki efek paling buruk terhadap kesuburan.

Studi lain juga menemukan bahwa mengonsumsi makanan manis yang berlebihan berkaitan dengan jumlah sel telur yang lebih rendah dan penurunan kualitas embrio. Alih-alih mengonsumsi minuman manis, Anda bisa memilih infused water dengan irisan lemon untuk menambah rasa pada air putih yang Anda minum.

4. Ikan Tinggi Merkuri
Merkuri merupakan kandungan yang berdampak besar pada kesuburan. Merkuri dapat mempengaruhi bentuk, pergerakan, jumlah, dan kualitas sperma, serta berdampak pada libido dan ejakulasi pria.

Selain itu, merkuri juga dapat memengaruhi kadar dan fungsi estrogen dan kesuburan pada wanita. Hal tersebut kemudian dapat menyebabkan beberapa kondisi seperti PCOS, menopause dini, dan endometriosis. Saat merencanakan kehamilan, Anda sebaiknya menghindari ikan bermerkuri tinggi, seperti marlin dan todak.

5. Alkohol
Tahukah Anda bahwa mengonsumsi alkohol juga dapat menurunkan tingkat kesuburan dan peluang untuk hamil? Bahkan minum sedikit pun sebaiknya dihindari saat Anda sedang merencanakan kehamilan. Bagi pria, mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan menurunnya gairah seksual, impotensi, kinerja seksual yang buruk, dan juga berdampak pada kualitas sperma mereka.

Penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang minum alkohol 7 kali atau lebih per minggu lebih berisiko mengalami komplikasi kesuburan. Alkohol dapat mempengaruhi ovulasi dan siklus menstruasi serta hormon reproduksi, seperti estradiol, testoteron, dan LH sehingga sulit untuk hamil. Jadi, sebaiknya Anda tidak minum alkohol sama sekali agar peluang kehamilan Anda semakin meningkat.

Itulah beberapa informasi terkait makanan yang harus dihindari saat promil. Selain menerapkan pola makan sehat, pastikan juga Anda rutin berolahraga dan tidur yang cukup.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar