Dapat Meningkatkan Tekanan Darah, Ini Manfaat Pala Menurut Para Ahli

Manfaat pala untuk kesehatan. (Foto: Meg relief)

Sukoharjonews.com – Pala ( Myristica fragrans ) adalah bumbu liburan yang harum dan familiar, tersedia untuk dibeli baik dalam bentuk bubuk maupun utuh. Ini juga digunakan dalam kosmetik dan dijual sebagai mentega pala dan minyak esensial. Terlepas dari namanya, pala bukanlah kacang. Bumbu ini dihasilkan dengan menggiling biji Myristica fragrans , pohon cemara asli Indonesia.

Dilansir dari Very well health, Jum’at, (28/6/2024),secara tradisional, pala telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda (tradisional India) , Tiongkok tradisional, dan tradisional Thailand karena sifat antioksidan dan antimikroba yang kuat. Telah dipelajari penggunaannya sebagai obat untuk nyeri, diare , dan masalah pencernaan lainnya.

Namun, karena sebagian besar penelitian pala dilakukan di dalam tabung reaksi dan pada hewan, tidak ada cukup bukti untuk memprediksi dampaknya terhadap kondisi ini pada manusia. Pelajari lebih lanjut tentang manfaat pala bagi kesehatan, dosis, potensi toksisitas, dan banyak lagi.

Manfaat Pala
Selain digunakan sebagai bumbu penyedap rasa, pala secara tradisional dianggap memiliki banyak manfaat kesehatan dan pengobatan. Namun, uji klinis pada manusia masih terbatas, dan diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui dampaknya.

Dapat Membantu Mengatasi Rasa Sakit
Menggunakan minyak pala secara eksternal pada tubuh dapat membantu mengurangi nyeri sendi. Namun penelitiannya sangat terbatas.

Satu uji coba acak, terkontrol plasebo, dan tersamar ganda meneliti efek klinis ekstrak pala topikal pada orang dengan neuropati diabetik yang menyakitkan (kerusakan saraf akibat diabetes).

Kaya akan Antioksidan
Antioksidan dapat menangkal radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif. Stres oksidatif kronis dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit.

Mengandung Nutrisi yang Terlibat dalam Mengatur Tekanan Darah
Pala mengandung mikronutrien kalsium dan magnesium yang penting dalam mengatur tekanan darah. Penelitian pada manusia mengenai efek langsung konsumsi pala dan tekanan darah masih kurang. Sangat kecil kemungkinannya bahwa hanya mengonsumsi pala akan berdampak pada tekanan darah Anda, namun pola makan Anda secara keseluruhan lebih penting.

Namun, penggunaan rempah-rempah seperti pala untuk memberi rasa pada masakan dan mengurangi asupan natrium dapat berkontribusi pada peningkatan tekanan darah, selain tindakan lainnya.

Dapat Meningkatkan Libido
Ekstrak pala tambahan meningkatkan libido (gairah seks) pada tikus jantan.

Tikus jantan diberikan ekstrak etanol pala 50% dengan dosis bervariasi: 100, 250, dan 500 miligram (mg) per kilogram (kg) berat badan (mg/kg) selama tujuh hari. Pada tikus, 500 mg/kg menghasilkan perubahan signifikan dalam aktivitas seksual.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar