Dapat Mencegah Kanker Ini Manfaat Menakjubkan Pohon Bidara

Manfaat pohon bidara.(Foto:Alodokter)

Sukoharjonews.com – Bidara atau widara (ziziphus mauritiana) adalah sejenis pohon yang tumbuh di daerah kering. Manfaat daun bidara untuk kesehatan yang akan diulas ini mungkin belum banyak kamu ketahui.

Dilansir dari Gooddoctor, Jum’at (18/10/2024) tanaman ini dikenal pula dengan nama jujube. Salah satu bagian dari pohon ini yang mempunyai manfaat untuk kesehatan adalah daunnya.

Mengenal tanaman bidara
Bidara atau ziziphus mauritiana adalah pohon yang cepat tumbuh, berduri, dan membentuk semak, yang dapat berbuah secara subur dan menyebarkan benih di area yang luas dengan menggunakan vektor mamalia dan unggas.

Manfaat buah bidara untuk kesehatan
Selain daunnya yang terkenal sebagai pengobatan tradisional, buah bidara juga dapat dikonsumsi serta memiliki banyak manfaat.
Berikut beberapa manfaat buah bidara yang harus kamu ketahui:

1. Bagus untuk pencernaan
Buah bidara kaya akan kandungan karbohidrat dan serat yang bagus untuk sumber energi dan mampu mendorong metabolisme tubuh kamu saat beraktivitas.

Bidara yang juga disebut sebagai jujube ini memiliki beberapa mineral dan vitamin terkonsentrasi yang membuatnya sangat bergizi.
Buah bidara juga sangat mudah dicerna karena mengandung serat makanan, dan karena itu dapat membantu menyembuhkan sembelit.

2. Bantu tingkatkan sirkulasi darah
Buah bidara ini mengandung mineral seperti kalium, fosfor, mangan, zat besi, dan seng. Kombinasi mineral ini diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung yang baik.
Zat besi membantu meningkatkan jumlah hemoglobin yang pada gilirannya mencegah anemia. Mineral ini penting untuk mengatur aliran darah dalam tubuh.

3. Buah bidara juga bagus untuk kulit
Buah bidara mengandung vitamin C dan antioksidan yang dikenal untuk memerangi efek penuaan. Antioksidan melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel.
Vitamin C dapat memberikan keajaiban bagi wajah dengan memberikan kilau yang sehat dan bebas jerawat pada kulit. Ini mencegah tanda-tanda awal penuaan dan membantu mencerahkan dan membersihkan kulit kusam.

4. Bagus untuk tulang
Buah bidara kering adalah sumber kalsium dan fosfor yang baik untuk membantu mengembangkan dan menjaga kepadatan tulang.
Jika kamu adalah seseorang yang menderita radang sendi maka buah bidara ini bisa menjadi pilihan cemilan yang baik. Ia memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan dan mengurangi pembengkakan pada persendian.

5. Bantu masalah tidur

Menurut tradisi Tiongkok kuno, buah bidara digunakan untuk menyembuhkan insomnia. Seluruh buah termasuk bijinya diisi dengan antioksidan fitokimia, polisakarida, flavonoid, saponin, yang dianggap memiliki kualitas obat penenang.
Buah ini membantu mendorong tidur dengan menenangkan saraf. Ini membantu dalam mengobati kecemasan dan berfungsi sebagai pemicu tidur alami dengan merilekskan pikiran dan tubuh.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar