Dapat Cegah Kanker Payudara, ini Pilihan Buah yang Dapat dikonsumsi

Buah yang baik untuk mencegah kanker.(Foto:tokopedia)

Sukoharjonews.com – Pada dasarnya makanan yang dibutuhkan adalah makanan yang kaya antioksidan seperti vitamin C, E dan K serta Glukosinolat. Nah, glukosinolat membantu melindungi sel dari kerusakan DNA serta menyebabkan kematian sel kanker Cara kerja Glukosinolat adalah dengan menghambat pembentukan pembuluh darah tumor dan migrasi sel tumor yang memicu metastasis.

Dilansir dari Chubb, Kamis (4/7/2024), penelitian di The American Journal of Clinical Nutrition yang dilakukan kepada lebih dari 90 ribu wanita menemukan bukti bahwa diet buah bagus untuk tubuh. Diet buah bisa mengurangi risiko kanker payudara hingga 15%.

Ada beberapa manfaat buah yang bisa mencegah penyakit kanker payudara. Buah-buahan di bawah ini diharapkan bisa menjadi pilihan Anda yang mau mencegah penyakit kanker payudara.

Stroberi
Buah beri seperti stroberi mengandung polifenol dalam jumlah tinggi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, polifenol termasuk senyawa antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dan sebagai antikanker. Selain itu stroberi juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Oleh sebab itu, buah beri bisa jadi salah satu buah yang bisa cegah kanker payudara untuk Anda konsumsi setiap hari.

Delima
Buah delima termasuk buah yang kaya antioksidan anti inflamasi yang bisa mengatasi kanker. Buah delima juga mengandung Phytochemical yang disebut ellagitannins. Zat tersebut juga memproduksi aromatase, atau enzim yang bisa meningkatkan hormon yang bisa mencegah kanker payudara.

Plum dan buah persik
Menurut sebuah studi pada hewan tahun 2009, Source Trust, polifenol yang ditemukan dalam buah prem dan persik dapat membantu mencegah pembentukan sel kanker payudara. Polifenol membantu membunuh sel kanker sambil meninggalkan sel sehat sendiri. Buah plum dan persik memiliki kandungan polifenol dalam jumlah tinggi seperti yang terkandung dalam buah beri seperti blueberry, stroberi, dan raspberry hitam.

Alpukat
Alpukat merupakan salah satu buah yang efektif untuk melawan penyakit kanker. Buah ini termasuk kaya nutrisi zat antioksidan dan kandungan phytochemicals seperti vitamin, mineral, fiber dan lemak tak jenuh. Phytochemicals sebagai senyawa nabati non-nutrisi bioaktif dalam buah-buahan yang telah dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit kronis utama termasuk kanker.

Kandungan vitamin E dalam alpukat juga bisa cegah penyakit kanker payudara. The Huffington Post melansir bahwa wanita pra-menopause dengan riwayat keluarga kanker payudara yang mengonsumsi vitamin E memiliki penurunan terkena kanker payudara sebanyak 43%.

Kurma
Buah kurma, yang biasa populer saat bulan Ramadan juga bisa melawan penyakit kanker. Manfaat buah kurma untuk menyembuhkan kanker koroner, kanker payudara serta kanker mulut. Penyebabnya karena buah kurma memiliki kandungan vitamin A seperti karoten dan lutein untuk melawan penyakit kanker. Selain itu, kandungan Flavonoids yang terdapat dalam kurma juga memiliki kandungan antioksidan yang besar. Kandungan yang terdiri dari catechol dan hydroxyl ini berperan besar dalam mengusir zat radikal bebas. (patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar