CPU Desktop Intel Generasi Berikutnya Dilaporkan Jauh Lebih Hemat Daya

CPU Desktop Intel. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Intel sedang mengerjakan CPU Lunar Lake dan Arrow Lake generasi ke-15. Meskipun CPU Lunar Lake dikatakan berfokus pada efisiensi daya untuk bersaing dengan chip Qualcomm Snapdragon seri X dan akan digunakan di dalam laptop tipis dan ringan, CPU Arrow Lake akan dioptimalkan untuk kinerja dan terutama akan memberi daya pada komputer Desktop.


Dikutip dari Gizmochina, Rabu (14/8/2024), platform desktop Intel Arrow Lake diharapkan menggunakan proses Intel 20A (atau 2nm) dan proses 3nm TSMC. CEO Intel Pat Gelsinger mengonfirmasi bahwa Intel akan menggunakan proses 3nm TSMC untuk ubin GPU Arrow Lake, yang dikatakan akan ditingkatkan ke arsitektur Xe2 LPG.

Dilihat dari tanda-tandanya saat ini, Arrow Lake juga akan mengadopsi arsitektur modular, dibagi menjadi empat modul Tile berbeda: CPU, SoC, GPU, dan IOE. CPU diharapkan menggunakan proses 20A milik Intel sendiri.

Kabar terbaru datang dari pernyataan rapat komunikasi internal, yang mengungkapkan bahwa konsumsi daya Arrow Lake setidaknya akan lebih rendah 100W saat dijalankan pada frekuensi yang relatif tinggi dibandingkan dengan CPU generasi ke-14. Untuk konteksnya, CPU Arrow Lake sebelumnya dilaporkan memiliki kecepatan clock yang lebih rendah dibandingkan dengan i9 14900KS.


Berkat proses 20A yang baru, tidak lagi memerlukan tegangan tinggi sebelumnya untuk menjaga stabilitas. Jika benar, ini akan menyelesaikan masalah CPU generasi ke-13 dan ke-14 yang terkait dengan tegangan tinggi dan konsumsi daya.

Meskipun bocoran tersebut mengisyaratkan performa yang mengesankan, belum ada informasi mendetail yang tersedia tentangnya dan tepatnya, kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Meskipun Intel belum secara resmi mengumumkan tanggal rilis untuk Arrow Lake, orang dalam industri memperkirakan peluncurannya sekitar paruh kedua tahun 2024.

Menurut laporan sebelumnya, Intel dapat meluncurkan Arrow Lake pada bulan Oktober dengan batch pertama CPU seri K, yang mana mungkin termasuk Core Ultra 9 285K kelas atas. Perusahaan diperkirakan akan merilis lebih banyak produk Arrow Lake di CES pada awal tahun 2025. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *