Coba Trik Psikologi Ini untuk Cegah Overthinking

Trik cegah overthinking. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Ketika kamu tidak punya agenda khusus untuk mengisi waktu luang seperti saat libur panjang, besar kemungkinan kamu akan terjebak pada overthinking yang berujung pada ruminasi.

Kamu akan menjadi orang yang paling sering mencetuskan ide-ide cemerlang saat di kantor dan akan menjadi pelopor perubahan di sekitar. Namun, tidak semua orang memiliki pemikiran yang hebat.


Dilansir dari Verywellmind, Minggu (4/6/2023), ruminasi dikenal sebagai kegiatan mengulang-ulang pikiran negatif, fokus pada kesalahan, menyalahkan diri sendiri dan orang lain tanpa memikirkan solusi dari masalah itu. Berikut tips psikologi wajib kamu coba untuk isi libur panjangmu agar terhindar dari ruminasi.

1. Buat Dirimu Sibuk dengan Berbagai Aktivitas
Saat pikiranmu mulai diusik oleh pikiran negatif yang terjadi di masa lalu, kamu dapat mencegahnya dengan melakukan aktivitas menarik dan menantang. Bisa saja aktivitas itu adalah hobi kamu atau hal baru yang jarang kamu lakukan.

Misal bermain puzzle atau permainan baru bersama temanmu, memainkan game dengan level yang belum pernah kamu coba. Atau sibukkan dirimu dengan menonton film di luar genre favoritmu.

Dengan begitu, pikiranmu akan teralihkan ke hal yang lebih produktif, menarik, dan menantang. Kamu akan fokus cara memecahkan misi dari sebuah game dan menyaksikan alur dari cerita sebuah film yang bikin kamu penasaran.


2. Berani Menantang Pikiranmu
Kamu perlu memahami kalau pikiranmu tentang ketakutan dan hal negatif lainnya bukan sebuah fakta. Saat pikiran negatif itu muncul, kamu dapat menantang diri kamu untuk mencari alternatif solusinya dan alasan kenapa kamu perlu berani menyingkirkan ketakutanmu itu. Contohnya kamu kepikiran karena sahabatmu mendiamkanmu dalam waktu lama.

Ketimbang larut dalam kecemasan kalau sahabatmu itu membencimu, maka lebih baik kamu berpikir tentang solusinya dan yakin kalau kamu mampu mengatasinya.


3. Beristirahat Sejenak dari Media sosial
Terkadang nggak semua postingan di media sosial perlu kamu lihat. Ada beberapa postingan yang dapat memicu pikiran negatifmu muncul. Sebaiknya kamu selektif memilah akun dan postingan media sosial yang membuatmu semangat, bukan yang membuatmu semakin takut dan dikejar-kejar oleh pikiran negatif.

4. Berolahraga sambil Menikmati Pemandangan
Penelitian psikologi sosial dari Baron dan Branscombe membuktikan bepergian keluar, seperti berolahraga sambil menikmati suasana alam, dapat membuat pikiranmu lebih rileks. Emosi positif akan lebih mendominasi dalam dirimu, Beauties. Sambil olahraga kamu juga bisa menikmati pemandangan alam dan memikirkan hal-hal positif atau cita-cita yang mau kamu raih setelah liburan nanti. Olahraga juga dinilai sangat baik untuk kesehatan mental.


5. Isi Waktu dengan Social Support Kamu
Mengobrol dengan teman dekat tentu dapat membantumu mengatasi rasa stress dan terhindar dari pikiran negatif. Kamu dapat bertukar pikir dan saling mendukung sambil berlibur. Hal-hal yang kamu anggap sulit, solusinya jadi lebih mudah ditemukan kalau kamu berbagi masalahmu dengan teman dekatmu. Hal ini bisa mendistraksi dan menghalangi pikiran negatif untuk mengganggumu.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *