Chromebook Generasi Berikutnya dari Samsung Hadir dengan Teknologi Penyesuaian Warna Adaptif

Ilustrasi Samsung Galaxy Chromebook 2 360. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Samsung belum merilis Chromebook selama beberapa tahun terakhir. Namun, Chromebook baru dari Samsung diperkirakan akan diluncurkan di Google Chromebook Showcase mendatang di New York City pada tanggal 24 September.

Dikutip dari Gizmochina, Rabu (18/9/2024), Chromebook generasi berikutnya yang diperkirakan akan diberi nama Galaxy Chromebook Plus ini dikabarkan akan dibekali layar dengan fungsi warna adaptif. Kabar tersebut datang dari Robby Payne dari Chrome Unboxed yang mengutip entri Chromium Gerrit yang menyarankan fitur yang sedang dikerjakan untuk perangkat yang dapat membuat panel OLED menyesuaikan warna dan suhu berdasarkan lingkungan sekitar.

Teknologi ini diharapkan menandai lompatan besar di bidang Chromebook dan juga dapat mengubah cara pengguna berinteraksi dengan layar. Khususnya, Apple menggunakan teknik serupa, yang dijuluki True Tone.

Chromebook baru akan dapat secara cerdas merasakan kondisi pencahayaan lingkungan sekitar dan secara otomatis menyesuaikan suhu dan saturasi warna secara real-time. Ini akan memastikan kenyamanan dan kejernihan visual yang optimal dalam lingkungan pencahayaan yang berubah.

Galaxy Chromebook Plus diharapkan mampu menangkap dan merespons perubahan cahaya eksternal secara akurat melalui sensor cahaya sekitar berpresisi tinggi yang ada di dalamnya. Samsung juga dapat memanfaatkan kamera untuk mendeteksi kondisi pencahayaan.

Laporan tersebut juga mencatat bahwa pengembangan tersebut secara khusus ditujukan untuk meningkatkan fitur Night Light. Sebaliknya, Chromebook umumnya menggunakan penggeser penyesuaian untuk menyesuaikan suhu warna. Jadi ada kemungkinan perangkat akan menggunakan teknologi ini hanya untuk Night Light saja.

Namun demikian, ini akan menjadi langkah yang sangat aneh karena pengguna biasanya tidak perlu menyesuaikan suhu warna Cahaya Malam lebih dari satu kali agar sesuai dengan keinginan mereka.

Galaxy Chromebook Plus yang akan datang diharapkan memiliki layar OLED 15,6-16 inci, yang tidak umum di Chromebook. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar