Cek Disini, Bahan-bahan Rumahan yang Bisa Untuk Memutihkan Kulit

Bahan rumahan untuk memutihkan kulit. (Foto: Pinterest)

Sukoharjonews.com – Warna kulit merupakan hasil dari adanya melanin pada kulit. Kulit menjadi lebih gelap dari biasanya karena produksi melanin yang berlebihan. Produksi melanin yang berlebihan merupakan konsekuensi dari paparan sinar matahari dan penyamakan kulit.


Ketika kulit terkena radiasi ultraviolet (UVA) secara berlebihan, kulit melindungi dirinya dari kerusakan akibat sinar matahari dengan memproduksi melanin. Pembentukan melanin yang lebih banyak inilah yang membuat kulit menjadi lebih gelap dari biasanya.

Dikutip dari pharmeasy Minggu, (28/1/2024), pengobatan rumahan untuk memutihkan kulit adalah sebagai berikut:

1. Kopi dan Teh
Sinar ultraviolet (UV) adalah komponen utama sinar matahari yang menyebabkan hiperpigmentasi. Konsumsi kopi dan teh mungkin bermanfaat untuk mengurangi hiperpigmentasi kulit. Polifenol yang ada dalam kopi mungkin bertanggung jawab atas manfaat ini.

Anda bisa membuat masker atau pasta menggunakan bubuk kopi segar dan mengoleskannya langsung ke kulit Anda. Anda bisa menggunakan masker wajah dengan teh dan mengoleskannya langsung ke area yang terkena.


2. Kunyit
Saffron mempunyai sifat memutihkan kulit dan mencerahkan kulit. Dapat diminum dengan susu untuk memberi kilau dan mencerahkan warna kulit. Juga memberikan perlindungan dari kerusakan akibat sinar UV matahari. Anda bisa memasukkan kunyit ke dalam masker buatan sendiri untuk mendapatkan manfaatnya.

3. Biji Anggur
Biji anggur kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan Vitamin E. Sifat antioksidan pada biji anggur sangat membantu dalam mengatasi hiperpigmentasi. Aktivitas antioksidan menghambat enzim yang bertanggung jawab memproduksi melanin.

4. Teh Hijau
Kehadiran kandungan kimia tertentu dalam teh hijau memberikan manfaat perlindungan pada kulit terhadap radiasi UV berbahaya yang ada dalam sinar matahari. Anda bisa memasukkan teh hijau ke dalam masker wajah Anda dan mengoleskannya ke area yang terkena.


5. Akar Manis
Akar manis mengandung glabridin yang disebut sebagai emas pemutih karena khasiatnya memutihkan kulit. Glabridin adalah bahan umum dalam banyak kosmetik yang ditujukan untuk memutihkan kulit. Liquorice memberikan efek memutihkan kulit dengan menghentikan enzim penting untuk pembentukan melanin. 6 Anda bisa menggunakan akar manis untuk membuat bubuk. Bedak ini bisa dioleskan langsung ke kulit untuk mendapatkan manfaatnya. Anda juga bisa memasukkan bedak ini ke dalam resep masker wajah Anda.

6. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari
Ini dapat membantu mencegah hiperpigmentasi pada kulit. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menghindari kerusakan akibat sinar matahari:
* Mengoleskan tabir surya setiap hari: Gunakan tabir surya berspektrum luas (yang menghalangi UVA dan UVB). Selain itu, produk tersebut harus memiliki faktor perlindungan matahari (SPF) 30 atau lebih tinggi.
* Mengenakan pakaian pelindung atau topi sebelum keluar rumah di bawah sinar matahari
* Saat menggunakan tabir surya, gunakan pemblokir fisik seperti titanium oksida atau seng oksida. (fadila-mg1/nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *