Cek Daftar Laptop Bertenaga Snapdragon X Elite: Samsung, HP, Microsoft, dan Lainnya

Acer Swift 14 AI. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Selama beberapa bulan terakhir, berbagai merek PC telah meluncurkan laptop baru yang dilengkapi chip Qualcomm Snapdragon X Elite. Prosesor ini diluncurkan tahun lalu dan dijanjikan menawarkan efisiensi energi yang mengesankan, kinerja hebat, dan kemampuan AI tingkat lanjut.


Dikutip dari Gizmochina, Senin (24/6/2024), nah berikut daftar seluruh notebook dari berbagai merek yang mengusung chipset ini.

1. Acer

Acer Swift 14 AI. (Foto: Gizmochina)

Pada Mei 2024 lalu, Acer meluncurkan Swift 14 AI yang merupakan model laptop baru. Ini menampilkan chipset laptop kelas atas Qualcomm, SoC Snapdragon X Elite. Muncul dengan layar 14,5 inci dengan rasio aspek 16:10 dan kecepatan refresh 120Hz. Simbol pada trackpad dan penutup layar laptop menyala saat Microsoft Copilot digunakan. Model ini diumumkan dengan banderol harga USD1.099 atau Rp18,1 jutaan dan akan mulai dijual pada Agustus 2024.


2. Asus

Asus Vivobook S 15 OLED. (Foto: Gizmochina)

Asus juga memiliki penawaran Snapdragon X Elite sendiri. Perusahaan meluncurkan Vivobook S 15 OLED bulan lalu. Iterasi sebelumnya dari model ini berjalan pada chipset Intel Meteor Lake-H, namun kini, model ini juga hadir dengan chipset ARM andalan untuk notebook. Model ini adalah ASUS AI PC terbaru, menghadirkan pengalaman AI yang dipersonalisasi berdasarkan kebutuhan pengguna. Seperti namanya, perangkat ini menampilkan layar OLED HDR 120Hz.


3. Dell

Laptop Dell. (Foto: Gizmochina)

Dell baru-baru ini memperluas penawaran laptopnya dengan jajaran laptop baru dengan chip seri Snapdragon X baru. Model ini mencakup seri XPS, Inspiron, dan Latitude yang menargetkan berbagai kebutuhan dan anggaran. Meskipun XPS 13 dan Inspiron 14 Plus ditenagai oleh Snapdragon X Plus, model Latitude 7455 dan Latitude 5455 juga memiliki opsi Snapdragon X Elite.

Latitude 7455 menampilkan layar sentuh QHD+ dan teknologi Qualcomm Wi-Fi 7 mutakhir, dengan dukungan jaringan 5G opsional untuk konektivitas tanpa batas. Ini akan diluncurkan akhir tahun ini.


4. HP

Laptop HP. (Foto: Gizmochina)

Sebelumnya, HP meluncurkan dua laptop baru bertenaga AI di India. Inilah EliteBook Ultra baru dan OmniBook X yang pertama kali diluncurkan di pasar global awal tahun ini. Keduanya menawarkan prosesor Snapdragon X Elite dengan grafis Adreno.

Duo ini hadir dengan NPU khusus untuk mempercepat tugas terkait AI secara lokal di sistem. Notebook HP yang ditenagai Snapdragon X Elite dilengkapi dengan PolyCamera Pro yang menawarkan interaksi virtual dan filter AI seperti sorotan dan pembingkaian otomatis. EliteBook Ultra dari HP dibanderol dengan harga USD1.699 atau Rp28 jutaan, sedangkan OmniBook X berharga USD1.149 atau Rp18,9 jutaan.


5. Lenovo

Lenovo Yoga Slim 7x 14 Gen 9. (Foto: Gizmochina)

Mirip dengan HP, Lenovo juga memiliki dua notebook yang mengusung Snapdragon X Elite. Ini termasuk Yoga Slim 7x 14 Gen 9 dan ThinkPad T14s Gen 6. ThinkPad T14s Gen 6 adalah notebook tipis dan ringan dengan berat 1,28 kilogram, sedangkan ThinkPad T14s Gen 6 dibuat untuk pekerja profesional dan juga memiliki bobot sangat ringan 1,24 kilogram. Yoga Slim 7x 14 menampilkan panel OLED 3K 90Hz 14,5 inci.

Sementara itu, ThinkPad T14s Gen 6 mengusung panel IPS WUXGA (1920 x 1200) berukuran 14 inci. Berbicara soal harga, model Yoga saat ini sudah pre-order di situs Lenovo seharga USD1.289 atau Rp21,4 jutaan. Opsi ThinkPad yang akan datang juga tersedia dalam pre-order di situs web merek tersebut seharga USD2.699 atau Rp44,5 jutaan. Ada juga Yoga Air 14s Q8X9 yang bekerja dengan chipset yang sama.


6. Microsoft

Laptop Microsoft Snapdragon X Elite. (Foto: Gizmochina)

Microsoft meluncurkan dua PC Copilot+ di pasar, yang meliputi Surface Laptop 7th Edition dan Surface Pro 11th Edition. Ini ditenagai oleh chip Snapdragon X Elite dan X Plus. Model Pro diharapkan menawarkan panel OLED 120Hz dan kedua entri mungkin hadir dengan desain yang dirombak, bezel tipis, dan lebih banyak peningkatan.


7. Samsung

Laptop Samsung Galaxy Book 4 Edge. (Foto: Gizmochina)

Raksasa teknologi Korea Selatan ini baru saja mengumumkan laptop Snapdragon X Elite pertamanya minggu ini. Ini adalah Galaxy Book 4 Edge baru, yang menampilkan layar sentuh Dynamic AMOLED 2x 14 inci. Model ini menjanjikan masa pakai baterai yang luar biasa dan portabilitas bagi mereka yang membutuhkannya. (nano)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *