Cek Cara Terapkan Financial Boundaries Ini yang Justru Bikin Kesehatan Mental Terjaga

Cara terapkan financial boundaries ini yang justru bikin kesehatan mental terjaga. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Cobalah saat ini kamu mengecek total kekayaanmu dan kebiasaan kamu dalam memperlakukan uang. Saat menghitungnya, jumlahkan total kekayaan (cash dan investasi) dikurang utang (liabilitas). Idealnya total kekayaan bersih seharusnya meningkat, bila sebaliknya yang terjadi, kamu memang perlu menetapkan money boundaries.


Cara Mengatur Keuangan
Dilansir dari Benchmark Wealth Management, Selasa (11/4/2023), kamu mesti mulai untuk melakukan pembatasan, seperti mulai mencatat pengeluaran agar tidak sampai overspending, setop dulu penggunaan kartu kredit, hingga berkonsultasi dengan perencana keuangan. Membuat anggaran tiap bulan pun penting dilakukan.

Atur ‘Kebijakan’ Pemberian Uang buat Orang Lain
Ada kalanya orang lain datang bahkan dari kalangan terdekat untuk meminjam atau meminta uangmu. Dikutip dari Rutgers, The State University of New Jersey, kamu perlu memutuskan cara terbaik menangani hal ini. Apakah kamu akan anggarkan sejumlah uang dengan nominal batas maksimum yang kamu bisa berikan dan itu nggak akan mengganggu keuanganmu, semisal ia tidak mengembalikan on time atau justru tidak sama sekali?

Ingat, sebaiknya yang sampai tidak menyulitkan diri sendiri, dalam artian jumlahnya banyak sampai mengganggu kebutuhan sehari-hari atau penting lainnya.


Selanjutnya, cobalah mengemukakan alasan kuat dan sopan untuk menolak, kamu nggak harus selalu berkata ‘iya’ pada mereka yang ingin meminjam uangmu. Batasan perlu diterapkan agar tujuan keuanganmu tidak terganggu, pun menghindari hubungan kamu dengan si peminjam yang dapat memburuk karena uang yang berpotensi tidak dikembalikan.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *