Cara Minum Air yang Benar: 3 Kebiasaan yang Harus Ditinggalkan Demi Hidrasi yang Lebih Baik

Cara minum air putih yang benar.(Foto: enesis)

Sukoharjonews.com – Apakah Anda bepergian untuk bekerja di tengah terik panas atau bangun di tengah malam karena merasa dehidrasi, segelas besar air terasa seperti oasis di tengah gurun masalah sehari-hari kita. Air adalah salah satu kebutuhan paling dasar umat manusia. Faktanya, air adalah alasan mengapa kita telah bertahan hidup selama beberapa generasi. Sebagian besar dari Anda pasti tahu bahwa tubuh kita terdiri dari 70 persen air, yang dikeluarkan dari tubuh kita melalui keringat dan urin. Inilah sebabnya mengapa para ahli di seluruh dunia tidak dapat cukup menekankan pentingnya hidrasi yang cukup.


Dikutip dari NDTV Food, pada Selasa (10/9/2024), air putih memiliki beberapa manfaat kesehatan selain menghilangkan dahaga. Bila Anda minum air putih yang cukup setiap hari, yaitu 7 hingga 8 gelas, Anda dapat:

1. Membantu mengeluarkan racun dari tubuh.
2. Jaga berat badan Anda tetap terkontrol
3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
4. Menjaga kulit tetap halus dan kenyal
5. Mencegah dehidrasi
6. Membantu menjaha keseimbangan cairan tubuh


Kebiasaan Apa yang Harus Anda Hindari Saat Minum Air Putih?

1. Hindari botol plastik
Jika Anda memiliki botol plastik yang dapat digunakan kembali di rumah untuk air minum, maka sekarang saatnya untuk membuangnya. Hal ini karena para ilmuwan telah menemukan mikroplastik dalam darah manusia yang bersifat kanker. Menurut ahli, hal ini terjadi ketika sinar matahari bersentuhan dengan botol plastik dan melepaskan mikroplastik ke dalam air. Mikroplastik ini, ketika dikonsumsi melalui air, dapat menyebar ke seluruh tubuh dan dapat mengendap di organ-organ kita. Lebih jauh, ahli tersebut menunjukkan bahwa mikroplastik ini mengandung campuran EDC atau bahan kimia pengganggu endokrin yang dapat menyebabkan peradangan dan bahkan kerusakan DNA.

2. Jangan menenggak air
Kebanyakan dari kita punya kebiasaan meneguk air tanpa berpikir, tetapi menurut para ahli, itu cara yang salah. Faktanya, meneguk air dengan cepat tidak membantu Anda terhidrasi dengan lebih baik. Bila Anda meneguknya dengan cepat, kotoran yang ada di dalam air, yang seharusnya dikeluarkan, akan mengendap di kandung kemih dan ginjal. Itulah sebabnya, minumlah air secara perlahan. Meneguk sedikit demi sedikit dapat membantu memperkuat sistem pencernaan dan mendukung metabolisme dalam tubuh, sehingga membantu Anda menurunkan berat badan.


3. Jangan berdiri dan minum air
Ya, Anda benar! Salah satu cara paling akurat untuk minum air adalah dengan duduk dan meminumnya. Menurut ahli, Ayurveda menyarankan bahwa ketika Anda minum air sambil berdiri, Anda tidak mendapatkan nutrisi dan mineral dari air saat air masuk ke perut bagian bawah. Selain itu, hal itu memberi tekanan pada ginjal dan kandung kemih. Jadi, ingatlah untuk duduk dan minum air secara perlahan untuk memanfaatkannya secara maksimal.

Sebagian besar makanan yang kita konsumsi menjadi asam dalam tubuh dan menghasilkan racun. Saat air disimpan dalam pot tanah liat, air tersebut menjadi basa. Saat dikonsumsi, air ini berinteraksi dengan makanan asam dalam tubuh dan menghasilkan racun. Hal ini membantu mencegah masalah asam dan pencernaan. Selain itu, air yang disimpan dalam pot tanah liat bebas dari segala jenis bahan kimia, jadi meminumnya setiap hari dapat meningkatkan metabolisme Anda.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *