Cara Menyimpan Semangka Agar Tahan Lama

Cara menyimpan semangaka agar tahan lama. (Foto: tasting table)

Sukoharjonews.com – Dari membuat salad dan smoothie hingga koktail dan bahkan makanan penutup, Anda dapat menggunakan beberapa potong semangka untuk berkreasi sesuka Anda. Selain serbaguna dan enak, semangka juga mengandung berbagai nutrisi. Semangka dikemas dengan vitamin A, C, potasium, tembaga dan berbagai nutrisi lainnya, dan jika dimakan dalam jumlah sedang, semangka juga bermanfaat bagi kesehatan kita. Tapi jika tidak disimpan dengan benar, buah bisa cepat busuk dan kehilangan semua nilai gizinya.

Dikutip dari NDTV Food, pada Minggu (21/5/2023), sangat penting bagi Anda menyimpan semangka dengan benar untuk menikmati semua manfaatnya. Oleh karena itu, simak beberapa kiat mudah yang akan membantumu menjaga kesegaran semangka dalam waktu lama berikut:

1. Bungkus Dengan Plastik
Ingin tahu apa yang harus dilakukan dengan sisa semangka itu? Bungkus saja dengan cling wrap dan simpan di lemari es. Di sisi lain, jika Anda memotongnya menjadi potongan-potongan kecil, pindahkan ke wadah kedap udara dan dinginkan. Ini mencegahnya mengering dan membantu menjaga kelembapannya.

2. Jangan Menyimpan dengan Apel dan Pisang
Tahukah Anda bahwa Anda tidak boleh menyimpan semangka dengan apel dan pisang? Pasalnya, kedua buah ini mengeluarkan gas etilen yang bisa mempercepat proses pematangan semangka. Sementara semangka matang adalah sesuatu yang kita semua inginkan, semangka yang terlalu matang akan mengurangi umur simpannya dan juga berpengaruh pada rasanya.

3. Simpan pada Suhu Kamar
Jika Anda tidak berencana untuk langsung mengonsumsi semangka, sebaiknya simpan di suhu ruangan. Ini membantu menjaga nilai gizinya dan membuat proses pematangan lebih cepat, jika belum matang sepenuhnya. Selain itu, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang sejuk dan gelap serta jauhkan dari sinar matahari langsung.

4. Jangan Buang Kulitnya
Hal lain yang perlu diingat saat menyimpan semangka adalah jangan membuang kulitnya. Hanya buang bagian kulit yang akan Anda konsumsi. Sama seperti bungkus plastik, kulitnya juga membantu menjaga kelembapannya dan mencegahnya mengering. Itu juga akan membantu mempertahankan nilai gizi dan rasanya.

5. Bekukan
Jika Anda ingin semangka Anda bertahan lebih lama, sebaiknya simpan di dalam freezer. Untuk ini, buang kulit semangka dan potong menjadi kubus berukuran sedang. Pindahkan ke wadah kedap udara atau bungkus dengan bungkus plastik, dan masukkan ke dalam freezer. Dengan cara ini, bisa bertahan sekitar 6 hingga 8 bulan. Namun, ini mungkin berdampak pada teksturnya.

Lalu, bagaimana dengan cara menyimpan semangka yang sudah terpotong? Agar tidak rusak, bungkus rapat dengan bungkus plastik atau pindahkan ke wadah kedap udara dan simpan di lemari es. Selain itu, pastikan untuk tidak menyimpannya di dekat makanan lain seperti apel dan pisang karena dapat melepaskan gas etilen dan dapat memengaruhi proses pematangannya. (cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar