Cara Meningkatkan Kecepatan Membaca

Cara meningkatkan kecepatan membaca. (Foto: vice)

Sukoharjonews.com – Teknik membaca cepat tidak hanya terbukti efektif bagi siswa di lembaga pendidikan, tetapi juga terbukti sangat berguna bagi semua orang yang ingin belajar di bidang apa pun. Namun, peningkatan kecepatan dalam membaca mungkin bukan strategi yang efektif untuk semua siswa.

Dikutip dari Bscholarly, pada Kamis (18/5/2023) tujuan yang ingin dicapai oleh teknik kecepatan membaca adalah untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk membaca dengan teliti sambil menumbuhkan dan memperluas retensi secara bersamaan. Oleh kerena itu, berikut adalah tips untuk meningkatkan kecepatan membaca Anda:

1. Identifikasi sub-vokalisasi dan ucapan internal Anda
Ada hubungan yang erat antara ucapan batin dan ucapan batin. Meskipun sub-vokalisasi dan ucapan internal terbukti berguna dalam membantu memahami kesulitan apa pun yang dihadapi dalam membaca bagian teks, hal itu menghambat kecepatan membaca. Dengan demikian, sub-vokalisasi harus dimusnahkan seminimal mungkin agar pembaca dapat naik ke kecepatan membaca yang lebih tinggi, ini dapat dicapai dengan cara menghitung dengan suara keras saat membaca.

Setelah keterampilan ini dikuasai, pembaca mengizinkan keterlibatan semua indera untuk menyulap pemerintahan ucapan internal. Ketika pembaca mengenali ucapan batin, mengendalikan dan menekannya dengan mampu mengenali kata-kata seperti konsep tanpa perlu mengandalkan visualisasi tidak akan menjadi masalah. Tapi ini seperti setiap keterampilan lainnya, agar pembaca dapat meningkatkan kecepatan membaca, rajin berlatih adalah kuncinya.

2. Pahami organisasi sebelum Anda mulai membaca
Begitu dihadapkan dengan buku yang ingin dibaca, pembaca tergoda untuk langsung melompat ke bab pertama, tetapi ini hanya akan menghambat kecepatan membaca. Penting untuk meninjau daftar isi, abstrak, Pendahuluan dan judul. Ini membantu otak untuk mengantisipasi informasi yang akan diproses dan membantu otak untuk menemukan di mana informasi ini berada. Secara umum, ini juga membantu dalam memahami sudut pandang penulis. Kebanyakan orang melihat ini sebagai buang-buang waktu tetapi ini sebenarnya akan membuat halaman lain dari buku ini menjadi mudah.

Yang sangat penting adalah fakta bahwa pembaca harus menetapkan tujuan dan sasaran untuk membaca buku dan jenis pengetahuan apa yang Anda harapkan dari teks tersebut. Teknik ini terbukti bermanfaat terutama ketika metode skimming digunakan, membantu pembaca untuk memberikan perhatian yang memadai ketika ada kata, frase atau kalimat yang relevan dalam proses membaca.

3. Fokuskan kembali gerakan mata Anda saat membaca
Sebagian besar pembaca saat membaca mempraktekkan cara memfokuskan mata ke sisi kiri halaman sambil mengarahkan mata ke setiap kata dari kiri ke kanan, mereka memiringkan mata sedikit ke depan atau memiringkannya sedikit ke belakang teks yang sedang mereka baca. membaca. Ini dilakukan untuk mengingat apa yang telah mereka baca atau untuk mengantisipasi apa yang akan mereka baca selanjutnya.

Untuk meningkatkan kecepatan membaca dan meningkatkan pemahaman, kedua sisi belahan harus dilibatkan. Selain itu, mata harus tertuju pada tengah baris teks; dan penglihatan tepi harus digunakan untuk mengantisipasi kata-kata di awal atau akhir teks. Jika kesulitan ditemui pada percobaan pertama, gunakan penunjuk visual untuk membantu menjaga konsentrasi pada garis tengah teks.

4. Berlatih membaca cepat
Seperti keterampilan yang baru dipelajari, latihan diperlukan untuk menghilangkan kebiasaan lama. Pada awalnya, ketika sebagian besar pembaca menganggap membaca cepat sebagai teknik baru, mereka akan menganggapnya kikuk. Namun jika skill ini dikuasai dengan mahir, akan terasa kurang canggung. Anda harus berlatih, dengan segala cara yang memungkinkan. Dengan latihan yang konsisten, penguasaan keterampilan ini tidak jauh.

Saat pria koran mengirimkan kertas, Anda bisa berlatih dengan ini sambil minum kopi. Selama waktu luang, Anda juga bisa mempraktikkan teknik ini. Sangat penting untuk mengukur dan mencatat setiap kemajuan untuk memantau penguasaan Anda terhadap teknik ini. Ini akan membantu untuk menggunakan pengatur waktu sambil berlatih membaca cepat dalam pilihan teks tertentu.

Anda disarankan untuk mempraktikkan 4 metode di atas dan dalam waktu singkat, Anda akan menguasai teknik ini sambil meningkatkan retensi dan pemahaman. Namun, disarankan agar kehati-hatian dan keseimbangan harus diterapkan karena substansi teknik ini tidak akan terwujud tanpa pemahaman yang sesuai tentang apa yang telah dipelajari. (cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar