Cara Menghilangkan Kantuk Dipagi Hari

Menahan kantuk dipagi hari. (Foto: gettyimages)

Sukoharjonews.com – Mengantuk di pagi hari sering kali membuat seseorang tidak bersemangat sehingga memengaruhi produktivitasnya sepanjang hari. Biasanya, kopi menjadi solusi yang paling banyak dipilih sebagai cara menghilangkan ngantuk di pagi hari.

Cara menghilangkan ngantuk di pagi hari dapat dimulai dengan rutinitas-rutinitas kecil, seperti minum air atau segera mencuci muka ketika bangun tidur. Namun, ada cara lain untuk menghilangkan rasa kantuk dipagi hari. Dikutip dari Siloam Hospital, pada Selasa (28/3/2023), berikut beberapa cara menghilangkan kantuk dipagi hari:

1. Olahraga secara teratur
Sering bosan di pagi hari juga bisa diatasi dengan melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki atau peregangan. Pasalnya, olahraga dapat memberikan sinyal pada sel-sel tubuh bahwa Anda membutuhkan lebih banyak energi, sehingga tubuh akan lebih berenergi untuk menjalani hari.

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi Dipagi Hari
Apabila ingin mencegah rasa ngantuk di pagi hari saat bekerja, usahakan Anda tidak melewatkan sarapan. Melewatkan sarapan dapat menyebabkan rasa lapar datang lebih cepat, akibatnya Anda akan kekurangan energi sehingga lebih mudah gelisah. Sebelum beraktivitas, pastikan Anda sudah sarapan dengan asupan seimbang , seperti telur, susu, sayur, daging, yogurt, atau kacang-kacang. Namun, Anda juga perlu memperhatikan porsi yang cukup. Makan dengan porsi besar justru akan membuat tubuh mudah gelisah.

3. Minum Air Saat Bangun Tidur
Cara menghilangkan ngantuk di pagi hari yang pertama adalah minum air mineral untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang berkurang selama tidur. Ngantuk di pagi hari bisa disebabkan oleh kondisi dehidrasi. Sehingga dengan tercukupinya kebutuhan cairan tubuh akan membantu Anda merasa lebih bugar dan siap beraktivitas. Siapkan gelas atau botol berisi air mineral di dekat tempat tidur agar Anda mudah menjangkaunya saat bangun tidur. Anda juga bisa memilih air mineral dingin supaya merasa lebih segar dan tidak lagi mengantuk.

4. Mengonsumsi Kafein Secukupnya
Sudah bukan rahasia lagi bahwa salah satu manfaat kopi adalah membantu menghilangkan rasa kantuk. Namun, belum banyak yang tahu bahwa mengonsumsi kafein secara berlebihan justru dapat menyebabkan mudah lelah dan pada akhirnya mengganggu produktivitas. Itulah mengapa Anda cukup mengonsumsi satu gelas kopi untuk menghilangkan ngantuk di pagi hari.

5. Tidur yang cukup
Salah satu cara menghilangkan ngantuk di pagi hari saat bekerja adalah dengan mencukupi waktu tidur, yaitu 7–9 jam setiap malam. Memiliki kualitas tidur yang baik dapat membuat Anda lebih bugar saat pagi hari sehingga siap memulai aktivitas. (patrisia argi)

>

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar