Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Ampuh

Cara menghilangkan bau kaki.(Foto/lKompas Health)

Sukoharjonews.com – Bau kaki itu tidak hanya mengganggu kenyamanan dan menurunkan rasa percaya diri, tapi juga bisa sebagai tanda bahwa ada masalah kesehatan yang mungkin kamu alami.

Dilansir dari watsons, Rabu (18/9/2024), ada beberapa hal yang memicu bau kaki, simak berikut ini

1.Jarang mengganti kaus dan alas kaki
Penyebab bau kaki yang pertama bersumber dari kebiasaanmu sendiri, yakni jarang mengganti kaus dan alas kaki. Keringat yang dihasilkan oleh kaki tentunya akan diserap oleh kaus kaki dan alas yang kamu pakai. Ketika kamu jarang mengganti dua hal itu, tidak menutup kemungkinan penumpukan keringat akan menimbulkan bau tidak sedap.

2.Kondisi hiperhidrosis
Hiperhidrosis adalah peristiwa ketika tubuhmu memproduksi keringat berlebih untuk menurunkan suhu badan. Ini sebenarnya bisa terjadi di bagian tubuh mana pun. Tapi, seseorang yang punya kelenjar keringat lebih banyak di bagian kaki cenderung berisiko punya bau kurang sedap. Makanya, kamu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter bila hal ini sudah sangat mengganggu.

3. Infeksi bakteri dan jamur
Keringat yang muncul bisa memicu timbulnya bakteri dan jamur, sebab keduanya memang dapat tumbuh pada area yang lembab. Bakteri juga bisa muncul ketika kaki terkena infeksi, luka, atau mengalami cantengan. Bahkan, beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes atau autoimun, juga berisiko memiliki luka yang makin parah atau terus bertambah.

4. Perubahan hormon
Penyebab terakhir yang tidak bisa kamu hindari adalah perubahan hormon yang membuat produksi keringat menjadi semakin banyak. Peristiwa semacam ini biasanya dialami oleh remaja puber atau ibu hamil. Makanya, tidak heran kalau merekalah yang biasanya mengikuti terapi hormon demi menekan produksi keringat, khususnya pada area kaki.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar