Cara Mencuci Jeans dalam Tiga Langkah Dasar yang Perlu Anda Ketahui

Tips merawat celana jeans. (Foto: Pinterest)

Sukoharjonews.com – Dulunya dianggap sebagai pakaian kerja dasar dan tahan lama, jeans kini hadir dalam beragam gaya dan warna. Meskipun Anda harus selalu memeriksa petunjuk perawatan sebelum mencuci atau mengeringkan jeans, ada beberapa langkah sederhana yang dapat diterapkan pada semua jenis denim.

Dilansir dari Whirlpol, Senin (5/1/2024), berikut ini tiga langkah dasar untuk merawat celana jeans:

Langkah 1: Gunakan siklus halus atau lembut
Denim mungkin tampak seperti bahan yang keras, tetapi bukan berarti Anda harus memilih siklus pencucian yang berat. Sebaliknya, pilihlah siklus yang halus atau lembut, dan gunakan air dingin agar tidak menyusut atau memudar. Pilihlah deterjen yang lembut, terutama yang dibuat khusus untuk pakaian berwarna gelap jika jeans Anda berwarna biru atau hitam.

Langkah 2: Cuci jeans bagian dalam ke luar dan sendiri
Balikkan jeans Anda saat mencucinya untuk membantu melindungi serat di bagian luar jeans dari gesekan dan paparan langsung deterjen, sehingga membantu mencegah pemudaran. Namun, tidak jarang jeans mengalami lunturnya pewarna, apalagi jika masih baru. Sebelum Anda membuang jeans Anda ke binatu, bacalah petunjuk perawatannya untuk mengetahui apakah Anda harus mencucinya secara terpisah terlebih dahulu. Jika Anda harus mencuci jeans Anda dengan pakaian lain, usahakan untuk mencucinya dengan jeans atau pakaian yang berwarna serupa.

Langkah 3: Gantung jeans Anda di tempat yang kering atau gunakan siklus tanpa panas
Mengekspos jeans Anda ke panas langsung di pengering dapat membuat denim menyusut, memudar atau menguning, dan juga dapat menyebabkan kerusakan pada kain denim stretch yang mengandung spandeks atau Lycra. Jika Anda perlu menggunakan pengering, pilih siklus panas rendah atau tanpa panas dan gunakan bola pengering untuk menjaga jeans Anda tetap berjatuhan.

Cara terbaik untuk mengeringkan jeans adalah dengan menggantungnya di udara kering:
Lepaskan jeans selagi masih sedikit lembap, lalu regangkan jahitannya dan gantung hingga benar-benar kering. Setelah benar-benar kering, Anda bisa menggantung atau melipat jeans Anda untuk disimpan di laci atau rak.

Tip pembersihan: Mencuci pakaian dengan tangan dapat menjadi cara yang bagus untuk menjaga keutuhan bahan dari waktu ke waktu, baik saat Anda mencuci topi baseball , cucian halus, atau bahkan jeans Anda.

Bagaimana cara mencuci jeans baru?
Untuk jeans baru atau jeans yang sedikit kotor, Anda dapat menggunakan siklus rendam di mesin cuci Anda:
1. Biarkan bak mandi terisi air, lalu campurkan dengan deterjen lembut yang dibuat untuk kain berwarna gelap.
2. Balikkan bagian dalam jeans Anda dan masukkan ke dalam air—Anda bisa melipatnya agar pas jika perlu, tetapi jangan menumpuknya.
3. Rendam jeans Anda selama 30 hingga 45 menit, lalu tiriskan airnya, isi ulang dan diamkan jeans Anda selama 10 menit untuk dibilas.
4. Ulangi langkah pembilasan hingga air menjadi jernih.

Jika Anda tidak ingin menggunakan mesin cuci, Anda juga dapat mengulangi langkah yang sama pada bak mandi, wastafel dapur, atau baskom besar yang berisi beberapa inci air dingin.

Seberapa sering Anda harus mencuci jeans?
Frekuensi Anda mencuci jeans bergantung pada tingkat kekotoran dan seberapa sering dipakai. Jika Anda menggunakan jeans untuk pekerjaan berat (seperti konstruksi atau lansekap), atau jika Anda sering mengenakan jeans saat cuaca hangat dan lembap, Anda mungkin ingin mencuci denim lebih sering. Jika Anda mengenakan jeans desainer untuk bekerja atau jalan-jalan santai,
Anda mungkin bisa lebih jarang mencuci jeans.

Cukup obati noda dan biarkan jeans Anda mengudara setidaknya selama 24 jam setelah dipakai. Oleh karena itu, selalu rujuk kembali petunjuk perawatan produsen jeans Anda sebelum menentukan seberapa sering Anda harus mencuci jeans Anda .

Cara mencuci jeans hitam dan mencegah luntur
Pedoman merawat jeans hitam serupa dengan sebagian besar denim berwarna gelap—gunakan siklus lembut dengan air dingin, cuci secara terpisah atau dengan pakaian hitam, balikkan bagian dalam jeans, dan gunakan deterjen yang diformulasikan untuk pakaian berwarna gelap.

Cara mencuci jeans putih
Saat hendak mencuci jeans putih, cucilah secara terpisah atau bersama pakaian putih lainnya. Gunakan air dingin untuk pakaian yang sedikit kotor dan air hangat untuk pakaian yang sangat kotor. Selain menggunakan siklus lembut, pilih opsi pembilasan ekstra untuk memastikan semua deterjen hilang seluruhnya.

Cara mencuci raw denim tanpa menyusut dan memudar
Jika jeans Anda tidak diberi label pra-susut atau pudar, Anda mungkin membeli “denim mentah” —denim yang belum menyusut atau pewarnanya sudah diatur selama pembuatan. Hal ini memungkinkan Anda mengenakan jeans agar sesuai dengan tubuh Anda dan mengembangkan pola pemudaran uniknya sendiri seiring berjalannya waktu.

Untuk mencegah penyusutan atau pendarahan, gunakan air dingin saja untuk mencuci jeans Anda, dan cucilah secara terpisah atau dengan denim berwarna serupa. Jika Anda memutuskan untuk mencuci jeans baru Anda dengan tangan, jangan peras setelah Anda selesai membilasnya. Sebaliknya, lipat atau gulung sebelum memeras sisa airnya. Setelah lembap, gantung jeans Anda hingga kering sepenuhnya.(fadila-mg1/nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar