Cara Mematangkan Alpukat dengan Cepat

Tips mematangkan alpukat.(Foto: disway)

Sukoharjonews.com – Alpukat merupakan jenis buah yang berasal dari pohon alpukat, yang dikenal sebagai Persea americana. Jika sudah matang, teksturnya akan lembut dengan sedikit rasa kacang. Namun, Anda tidak selalu menemukan alpukat matang di pasaran. Warnanya bisa hijau terang dan sangat keras. Jika Anda tidak memiliki alpukat matang, akan sulit untuk mengiris atau menghancurkannya dan menambahkannya ke dalam salad, sandwich, atau roti panggang. Alpukat juga dapat diberi telur sebagai topping untuk sarapan bergizi atau ditambahkan ke dalam smoothie. Bagaimanapun, alpukat mengandung lemak sehat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.


Dikutip dari Healthshots, pada Rabu (31/7/2024), berikut tips agar alpukat cepat matang:

1. Jaga agar tetap hangat
Letakkan alpukat dalam mangkuk dan simpan di tempat yang hangat, saran sang ahli. Ini adalah metode alami untuk mematangkan buah, tetapi prosesnya lambat. Mungkin perlu beberapa hari atau bahkan seminggu agar alpukat matang sepenuhnya.

2. Gunakan kantong kertas
Alpukat menghasilkan gas etilen, hormon tanaman yang berperan penting dalam mendorong proses pematangan banyak buah. Mengelilingi alpukat dengan udara yang penuh gas etilen dapat meningkatkan produksi etilennya dan mempercepat proses pematangan, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers In Plant Science pada tahun 2019. Jadi, memasukkan alpukat ke dalam kantong kertas dapat memerangkap etilen dan membantunya matang lebih cepat.


3. Simpan alpukat dengan pisang
Pisang adalah buah klimakterik, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Food Science pada tahun 2019. Artinya, pisang dapat terus matang setelah dipisahkan dari tanamannya. Gas etilen yang dikeluarkan buah ini dapat mempercepat pematangan, kata Mehra. Yang harus Anda lakukan adalah menyimpan alpukat mentah dengan pisang, dan menunggu setidaknya dua hari.

4. Masukkan ke dalam nasi mentah
Masukkan alpukat dengan nasi mentah ke dalam wadah. Pastikan buah tertutup dengan baik oleh nasi. Ini membantu membangun perangkap gas etilen yang akan membantu mematangkan alpukat dalam waktu sekitar dua hingga tiga hari.

5. Gunakan kain katun
Gunakan kain katun bersih untuk mematangkan alpukat. Letakkan kain yang sudah dicuci dan dikeringkan di atas permukaan datar dan letakkan alpukat di atasnya. Beri jarak lalu tutup alpukat dengan kain bersih lainnya. Proses ini juga akan memakan waktu beberapa hari untuk mematangkan buah.


Alpukat menawarkan banyak manfaat kesehatan, dan itulah sebabnya buah ini digunakan dalam salad, smoothie, dan saus. Namun, jika Anda mendapatkan alpukat mentah, Anda dapat mencoba metode kantong kertas atau menyimpannya dengan pisang untuk mematangkannya dan menikmatinya.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *