Cara Melindungi Rambut dari Kelembapan: Tips yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Mengatasi kelembapan rambut.(Foto: dove)

Sukoharjonews.com – Musim hujan membawa rasa lega dari musim dingin yang keras dan musim panas yang terik. Namun, peningkatan kelembapan bukanlah salah satu hal terbaik dari musim hujan. Jika Anda tidak cukup melindungi rambut, Anda mungkin akan terlihat seperti Mufasa dari The Lion King! Terlepas dari lelucon, kelembapan dapat menyebabkan perubahan pada penampilan, tekstur, dan kelenturan rambut, yang menyebabkan rambut menjadi kusut dan bervolume.


Dikutip dari Healthshots, pada Selasa (1/7/2024), berikut tips untuk melindungi rambut Anda dari kelembapan:

1. Tutupi rambut Anda saat keluar rumah
Tutupi rambut dengan syal atau payung saat bepergian keluar untuk mencegah tetesan air hujan merusak rambut (terutama di kota-kota besar, air hujan mengandung polutan udara yang tidak baik untuk rambut). Menutupi rambut berfungsi sebagai perisai yang melindungi rambut dari kerusakan. Selain itu, cara mudah lainnya untuk menjaga rambut tetap utuh saat cuaca lembap adalah dengan mengikatnya ke atas. Pemilik rambut keriting harus lebih memperhatikan hal itu karena mengikat rambut dengan sanggul longgar dapat mencegahnya tumbuh. Kepang longgar atau sanggul akan berfungsi sama dengan menjaga rambut agar tidak menutupi wajah dan leher selama hari-hari musim panas yang buruk ini.

2. Gunakan sampo dan kondisioner yang lembut
Kelembapan udara meningkatkan rambut kusut . Oleh karena itu, memilih sampo yang lebih lembut (bebas sulfat) dan kondisioner yang lebih lembut (bebas silikon) adalah ide yang bagus, saran ahli. Cari sampo dan kondisioner yang bebas silikon. Anda juga dapat mencoba perawatan penghalus tanpa bilas setelah mencuci rambut agar rambut tetap halus lebih lama.


3. Cuci saat diperlukan
Jika kita tidak mencuci rambut 2-3 kali seminggu, minyak dapat menumpuk di kulit kepala dan dapat menyebabkan ketombe bertambah, sehingga kulit kepala terasa gatal saat musim hujan . Kulit kepala yang tidak sehat atau mudah berketombe lebih mungkin mengalami bad hair day dan bahkan rambut rontok berlebihan.

4. Deep conditioning seminggu sekali
Kondisioner yang mendalam dengan masker rambut atau minyak rambut seminggu sekali atau dua minggu sekali diikuti dengan handuk panas dapat membantu meningkatkan kualitas rambut dan mengurangi rambut kusut, kata ahli. Jaga rambut Anda tetap lembap, karena itulah satu-satunya cara untuk mengatasi rambut kusut. Minyak kelapa, shea butter kocok, dan minyak jarak hitam semuanya menghasilkan rambut tebal. Ingatlah bahwa sedikit saja sudah cukup untuk menjaga rambut Anda tetap lembap sebelum Anda keluar rumah. Tujuannya adalah untuk menjaga helaian rambut Anda tetap rata untuk melindunginya dari kelembapan, dan minyak ini membantu menenangkan lapisan ini setelah Anda selesai menata rambut.


5. Konsumsi makanan bergizi
Ini adalah musim ketika Anda mungkin mengalami lebih banyak rambut rontok. Oleh karena itu, menutrisi tubuh dari dalam dengan buah-buahan dan sayuran musiman dan lokal memastikan dukungan antioksidan dan hidrasi dari dalam, yang menghasilkan rambut sehat. Mengonsumsi makanan seperti biji bunga matahari, biji labu, salmon, jahe, alpukat, yoghurt Yunani, blackberry, jeroan, peptida kolagen, lentil, dan diet kaya protein dapat membantu menjaga volume rambut Anda. Vitamin seperti Vitamin A, biotin, C, D, E, zat besi, seng, dan selenium adalah suatu keharusan jika Anda ingin menjaga rambut Anda tetap sehat musim ini.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *