Cara Melatih Daya Ingat Secara Psikologis

Cara meningkatkan daya ingat.(Foto: fimela)

Sukoharjonews.com – Tidak sedikit orang yang dengan mudah melupakan sesuatu hal yang penting. Padahal, usianya masih terbilang cukup muda untuk mengalami kepikunan.

Terkadang, hal tersebut juga dapat memberi dampak buruk terkait kinerja Anda. Oleh karena itu, Anda harus tahu cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi agar tidak mudah untuk lupa. Dikutip dari Yesdok, pada Jumat (19/7/2024), berikut cara melatih daya ingat secara psikologis:

1. Melatih otak dengan aktivitas stimulasi
Bermain puzzle, catur, atau belajar keterampilan baru, atau aktivitas lain yang menstimulasi otak, dapat membantu menjaga daya ingat tetap tajam. Melakukan aktivitas ini secara teratur dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan ingatan Anda.

2. Menjalin interaksi sosial
Berinteraksi dengan orang lain dapat membantu menjaga kesehatan mental dan meningkatkan otak. Risiko depresi dan kecemasan, yang dapat mempengaruhi daya ingat, dapat dikurangi dengan memiliki hubungan sosial yang kuat.

3. Menjaga aktivitas fisik
Secara teratur melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan, berlari, atau berenang, dapat meningkatkan kesehatan otak dan fungsi kognitif karena aliran darah ke otak naik dan daya ingat meningkat.

4. Mendapatkan tidur yang cukup
Untuk memperkuat ingatan, otak memproses data dan menguatkan ingatan selama tidur. Usahakan untuk tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam untuk menjaga kesehatan otak Anda.

5. Mengonsumsi makanan sehat
Makanan yang kaya antioksidan, seperti buah dan sayuran, dan asam lemak omega-3, dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Ini karena makanan yang kaya antioksidan membantu otak bekerja lebih baik dan mendukung daya ingat.

Demikian cara melatih daya ingat secara psikologis Anda. Semoga membantu!(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar