Cara Makan Nasi Saat Diet untuk Menurunkan Berat Badan

cara makan nasi diet.(Foto: tribun)

Sukoharjonews.com – Diet untuk menurunkan berat badan mengharuskan Anda untuk lebih sadar dan berhati-hati tentang apa yang Anda makan. Nasi adalah salah satu makanan yang cenderung kita kurangi untuk menurunkan berat badan. Meskipun mengonsumsi nasi saat diet mungkin tidak disukai, tidaklah tepat untuk berasumsi bahwa Anda harus menghindari makanan pokok ini jika ingin menurunkan berat badan. Nasi adalah makanan pokok dalam banyak diet global karena nilai gizinya yang tinggi serta fakta bahwa nasi mudah dicerna dan dapat menjadi pilihan yang baik bagi orang-orang dengan perut sensitif atau masalah pencernaan. Rasa dan teksturnya yang lembut menjadikannya pilihan yang menenangkan bagi banyak orang.

Dikutip dari Healthshots, pada Selasa (1/10/2024), berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memasukkan nasi ke dalam rencana diet Anda:

1. Perhatikan ukuran porsi
Sebaiknya kurangi jumlah nasi dalam makanan. Tetaplah pada ukuran porsi yang sesuai untuk mengatur asupan kalori. Satu porsi nasi yang umum harus sekitar setengah hingga satu cangkir nasi matang.

2. Seimbangkan dengan sayuran dan protein
Gabungkan berbagai sayuran ke dalam hidangan nasi, ini akan membantu Anda makan lebih sedikit nasi, dan merasa cepat kenyang. Misalnya, sayuran seperti wortel, kacang polong, dan buncis dapat ditambahkan ke nasi. Menggabungkan nasi dengan sumber protein seperti lentil, buncis, atau ayam juga dapat bermanfaat. Ini membantu menyeimbangkan makanan dan menyediakan energi yang berkelanjutan. Asosiasi Jantung Amerika menyarankan bahwa menggabungkan nasi dengan buncis menghasilkan makanan kaya protein, makanan pokok kuliner.

3. Gunakan metode memasak yang sehat
Lebih baik mengukus atau merebus nasi daripada menggorengnya untuk menghindari lemak dan kalori tambahan. Jika Anda membuat hidangan nasi seperti biryani atau pulao, gunakan minyak seminimal mungkin atau pilih minyak yang lebih sehat seperti minyak zaitun.

4. Padukan dengan makanan kaya serat
Sajikan nasi dengan lauk berserat tinggi seperti salad, sayuran kukus, atau yoghurt. Serat membantu pencernaan dan menambah volume, membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Lihat makanan kaya serat lainnya untuk mengelola penurunan berat badan dan mengatasi sembelit.

5. Pilih varietas beras dengan indeks glikemik rendah
Pilih beras basmati, yang umumnya memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan jenis beras putih lainnya. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the Associations of Physicians of India menyatakan bahwa indeks glikemik beras basmati bermerek India ditemukan kurang dari 55 sehingga menempatkannya dalam kategori IG rendah.

Anda bisa saja mengonsumsi nasi saat diet, tetapi ada beberapa hal yang perlu diingat. Kontrol porsi adalah kunci mengonsumsi nasi saat diet. Pastikan Anda mengonsumsi porsi yang tepat, dan Anda akan berhasil. Anda dapat memadukan nasi dengan makanan berprotein tinggi seperti ayam atau kacang lentil. Menggabungkan sayuran kaya serat juga dapat membantu Anda tetap pada jalur yang benar.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar