Cara Agar Anak Anda Tetap Mau Mengonsumsi Makanan Sehat

Tips agar anak mau mengonsumsi makanan sehat. (Foto: selecthealth)

Sukoharjonews.com – Seringkali dibutuhkan banyak usaha untuk membuat anak makan. Anak yang susah makan dan suka pilih-pilih makan sering kali membuat orang tua frustasi. Memaksa anak agar mau makan tentu bukan hal yang baik.


Memaksa anak agar mau makan justru bisa membuat mereka merasa waktu makan adalah hal yang menakutkan. Oleh karena itu, simak beberapa cara agar anak mau mulai mengonsumsi makanan sehat, yang dilansir dari NDTV Food, yang dimuat dari beberapa sumber, pada Kamis (30/3/2023) berikut:

1. Jangan Labeli Anak Anda
Pernahkah Anda memberi tahu orang tua lain bahwa anak Anda adalah pemilih makanan? Atau terlalu banyak menghabiskan waktu di meja makan? Memberi label pada anak Anda akan semakin menyebabkan mereka berpaling dari buah dan sayuran menurut sebuah penelitian.


2. Tambahkan variasi
Ajak mereka berbelanja dan biarkan mereka memilih sayuran baru. Salah satu hadiah terbaik yang dapat Anda berikan kepada anak-anak Anda adalah melatih selera mereka untuk menikmati berbagai rasa, bukan hanya gula, lemak, dan garam.

3. Hindarkan dari gula dan junk food
Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa makanan cepat saji dan minuman manis sering digunakan sebagai hadiah untuk berprestasi di sekolah atau olahraga. Ini mengirimkan sinyal yang salah kepada anak-anak dengan anggapan bahwa sampah adalah pahlawan dan penghargaan atas prestasi mereka.


4. Jangan lewatkan sarapan
Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa kebiasaan sarapan yang buruk sebagai seorang anak sebenarnya memprediksi risiko sindrom metabolik saat dewasa. Saya berharap orang tua mendapatkan pesan di sini? Jika Anda melewatkan sarapan, GANTI! Dan berikan contoh yang baik untuk anak Anda tentang makanan terpenting hari ini.

5. Minum air
Kebanyakan anak kehilangan nutrisi penting ini. Jelaskan bahwa tubuh mereka membutuhkan air untuk olahraga dan otak mereka membutuhkan air untuk berkonsentrasi. Kami ingin anak-anak kami pergi mencari air ketika mereka haus dan tidak memaksakan minuman manis. Simpan jus dan minuman manis lainnya sebagai makanan “terkadang” dan bukan makanan sehari-hari.

Itulah beberapa cara agar anak mau mulai mengonsumsi makanan yang menyehatkan. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *