Camilan Sehat Berikut Dijamin Gak Bikin Gemuk

Nyemil tidak bikin gemuk. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Ngemil di malam hari terkadang bisa sedikit berisiko. Ada keinginan untuk ngemil, tetapi pemikiran berat badan akan naik selalu menghantui pikiran. Ditambah, metabolisme yang melambat di malam hari. Ini dapat menyebabkan makanan yang dimakan menjadi lebih lambat untuk dicerna.

Dilansir dari Stylecraze, Jum’at (9/6/2023), ternyata ngemil di malam hari tidak serta merta menyebabkan gemuk. Itu semua tergantung dari jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi. Seperti halnya sebagai berikut :

1. Telur Rebus
Khasiat telur sudah tidak diragukan lagi dikalangan pecinta diet. Penuh akan protein dan mampu menahan rasa lapar dalam waktu yang lama, menjadikan telur selalu ada di piliha menu diet.

Selain dapat meningkatkan metabolisme tubuh, rutin mengonsumsi telur juga dapat membentuk otot. Akan tetapi, perlu diingat bahwa kolesterol dapat meningkat apabila memakan 2 butir telur dalam sehari.

2. Kacang-kacangan
Kacang almond, kacang mete, kacang kenari dan kacang tanah adalah beberapa contoh kacang-kacangan yang aman dikonsumsi malam hari. Kalorinya yang rendah tidak akan menimbulkan kenaikan berat badan, justru sumber protein nabati dan serat dapat membakar lemak di dalam tubuh.

3. Yoghurt
Yoghurt tanpa rasa atau Greek yoghurt dipadukan dengan buah-buahan seperti mangga, stroberi, kiwi atau apel jelas sangat sehat apabila dikonsumsi malam hari. Tidak hanya dapat menahan rasa lapar, yoghurt mampu membersihkan pencernaan.

4.Dark Chocolate
Dark chocolate adalah penawar alami yang ampuh untuk menekan rasa memakan makanan manis. Kandungan 80% kokoa dalam dark chocolate terbukti dapat menekan rasa lapar juga rasa kenyang yang lebih lama.

5. Pisang
Sedang mengalami kesulitan tidur? Buah pisang bisa menjadi solusi. Memakan pisang berukuran sedang dan tidak terlalu matang tidak hanya menjadi camilan yang sehat tetapi juga dapat meningkatkan hormon melatonin untuk mempercepat proses tidur.

6. Biji Chia
Salah satu menu diet yang viral beberapa tahun belakang ini sangat aman dikonsumsi pada malam hari. Kandungan serat dan asam omega-3 dalam biji chia sangat baik bagi tubuh. Biji chia dapat menjadi campuran dalam smoothie bowl, puding atau yoghurt.

7. Oatmeal
Kandungan serat dalam oatmeal sangat ampuh menekan rasa lapar sekitar dua hingga tiga jam lamanya. Tidak hanya memperlambat proses pencernaan, konsumsi oatmeal juga dapat mengatasi sembelit.

8. Protein Smoothie
Berbeda dengan smoothie pada umumnya, protein smoothie mencampurkan bahan makan yang mengandung banyak kandungan protein sehingga terasa lebih kenyang. Kamu dapat mencapurkan susu kedelai sebagai sumber protein dengan beberapa buah seperti mangga, macam-macam beri, kiwi atau pisang.

9. Kiwi
Buah kiwi memiliki kandungan air, serat dan vitamin C yang dapat menjadi pilihan camilan sehat yang tidak akan membuat gemuk. Kiwi juga mengandung serotonin yang mampu membuat tubuh lebih relaks, sehingga tidur terasa lebih nyaman di malam hari.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar