Bupati Sukoharjo Sampaikan Dua Raperda ke DPRD, Ini Raperdanya

Rapat Paripurna DPRD Sukoharjo dengan agenda Nota Pengantar Dua Raperda oleh Wakil Bupati, Agus Santosa, Kamis (13/7/2023).

Sukoharjonews.com – Sebanyak dua rancangan peraturan daerah (Raperda) disampaikan oleh Bupati Sukoharjo. Draft dua reperda tersebut disampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD, Kamis (13/7/2023). Nota pengantar dua raperda tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati, Agus Santosa.

Disampaikan Wabup, dua raperda tersebut masing-masing Raperda tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dan Raperda tentang Penyelenggaraan Kearsipan. “Pada kesempatan ini perkenankanlah saya menyampaikan penjelasan secara umum atas dua raperda tersebut,” ujar Agus.

Menurutnya, untuk Raperda tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, berdasarkan UU Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah, pengaturan pajak daerah dan retribusi daerah perlu dilakukan secara komperhesif dan berdaya guna.

Pajak daerah dan retribusi daerah merupakan sumber pendapatan daerah yang mempunyai peran penting dalam pembiayaan kegiatan pemerintah daerah, pembangunan daerah dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bahwa berdasarkan ketentuan Pasal 94 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah menyatakan Jenis Pajak dan Retribusi, Subjek Pajak dan Wajib Pajak, Subjek Retribusi dan Wajib Retribusi, Objek Pajak dan Retribusi, Dasar Pengenaan Pajak.

Selain itu, juga Tingkat Penggunaan Jasa Retribusi, Saat Terutang Pajak, Wilayah Pemungutan Pajak, serta Tarif Pajak dan Retribusi, untuk seluruh jenis Pajak dan Retribusi ditetapkan dalam 1 (satu) Peraturan Daerah dan menjadi dasar pemungutan Pajak dan Retribusi di Daerah.

“Untuk Raperda tentang Penyelenggaraan Kearsipan merupakan bentuk upaya Pemkab Sukoharjo dalam menjamin ketersediaan arsip yang autentik, utuh, dan terpercaya,” ujarnya.

Agus menyampaikan, hal itu untuk mendukung terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, serta meningkatkan pelayanan publik. Dengan disusunnya Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Kearsipan diharapkan mampu memberikan landasan hukum dalam penyelenggaraan kearsipan di Kabupaten Sukoharjo yang selaras dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, serta dapat mewujudkan penciptaan, pengelolaan, dan pelaporan arsip sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, Ketua DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi mengatakan, bahwa DPRD membentuk dua panitia khusus (Pansus) untuk membahas dua Raperda tersebut. “Setiap pansus akan membahas satu raperda dan diharapkan pembahasan akan selesai dalam waktu yang tidak terlalu lama,” ujarnya. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar