Bupati Sukoharjo Kembali Blusukan Kampung Salurkan Bantuan Rehab RTLH

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menyusuri jalan-jalan kampung menyalurkan bantuan rehab RTLH di 4 kecamatan, Rabu (29/5/2024).

Sukoharjonews.com – Sukoharjo, Etik Suryani, kembali melakukan blusukan ke kampung-kampung, Rabu (29/5/2024). Dalam kesempatani ni, Bupati menyalurkan bantuan rehab dan renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Baznas di empat kecamatan, yakni Bendosari, Mojolaban, Polokarto, dan Grogol.

Bantuan yang diserahkan Bupati merupakan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Nilai bantuan yang disalurkan bervariasi tergantung dari kondisi saat dilakukan survei oleh Baznas.

Untuk renovasi RTLH sendiri berkisar Rp5 juta hingga Rp7.5 juta. Sedangkan untuk rehab, nilai bantuan antara Rp10 juta hingga Rp20 juta. Total bantuan yang disalurkan mencapai Rp181 juta.

“Kalau nilai bantuannya bervariasi, tergantung kondisi penerima saat dilakukan survei oleh Baznas,” ungkap Bupati.

Terkait bantuan rehabtersebut, Bupati menyampaikan jika sebelumnya warga melalui pemerintah desa mengajukan permohonan bantuan ke Bupati. Kemudian permohonan itu diteruskan ke Baznas yang bisa melakukan pencairan bantuan dengan cepat.

“Prinsipnya masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan silahkan mengajukan ke saya. Saya minta kepala desa, camat untuk proaktif. Jika ada warganya yang membutuhkan bantuan diajukan saja,” tegas Bupati.

Sedangkan Ketua Baznas Sukoharjo, Sardiyono, menyampaikan jika bantuan yang disalurkan tersebut sudah melalui proses survei. Hal itu dilakukan agar bantuan yang diberikan tepat sasaran. Terkait nilai bantuan yang diberikan pun tidak sama karena mengacu pada kondisi penerima.

“Kami survei dulu ke lokasi calon penerima, jika memang memenuhi syarat bantuan pasti cair,” tambahnya. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar