Bupati dan Ketua DPRD Raih Penghargaan Nirwasita Tantra

Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, Ketua DPRD Wawan Pribadi, Kepala DLH Agustinus Setyono dan Asisten 1 Sekda, Sukito saat “video conference” pengumuman penghargaan Nirwasita Tantra, Senin (21/12/2020).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Penghargaan kembali diraih oleh Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya. Kali ini, bersama Ketua DPRD, Wawan Pribadi memperoleh Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pengumuman penghargaan tersebut disampaikan melalui “video conference”, Senin (21/12/2020).



Nirwasita Tantra adalah penghargaan pemerintah kepada kepala daerah yang dalam kepemimpinannya berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan sehingga mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup,” jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo, Agustinus Setyono.

Dikatakan Agus, penghargaan tersebut juga diberikan kepada DPRD yang memberi respon pada pengawasan anggaran dan dukungan politik dalam menyelesaikan persoalan lingkungan hidup dan pengelolaan sumber daya alam serta inovasi lain sesuai kewenangannya dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Dasar pemberian penghargaan Nirwasita Tantra ini dinilai dari Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) yang disusun setiap tahun oleh provinsi, kabupaten/kota. DIKPLHD disusun oleh tim yang dibentuk oleh kepala daerah, yang keanggotaannya melibatkan unsur-unsur Organisasi Perangkat Daerah terkait, Perguruan Tinggi, Instansi Vertikal Pusat dan Lembaga Masyarakat.

Kemudian, lanjut Agus, DIKPLHD dinilai oleh Tim Panel yang melibatkan unsur Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Akademisi, Pakar Lingkungan Hidup, LSM dan Wartawan.

Adapun inovasi yang telah dilakukan Kabupaten Sukoharjo dalam upaya pengelolaan lingkungan sesuai dalam DIKPLHD antara lain program kampung iklim (Proklim), pembentukan Bank Sampah dan TPS3R, Program Bebas Buang Air Besar Sembarangan (ODF), pengembangan ekowisata berbasis masyarakat, Integrated Farming, pengembangan pertanian organik serta modernisasi pertanian.

“Penghargaan Nirwasita Tantra ini diperoleh untuk kali kedua, sebelumnya pada tahun 2017 Kabupaten Sukoharjo juga pernah meraih penghargaan serupa untuk pada kategori Kabupaten/Kota kecil,” tambah Agus. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *