Bupati dan Ketua DPRD Raih Penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2020

Bupati dan DPRD Sukoharjo meraih Peringkat 1 Green Leadership Nirwasita Tantra Tahun 2020 kategori Kabupaten Sedang, Selasa (15/6/2021).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Sukoharjo kembali meraih prestasi bidang lingkungan hidup, yakni penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra Tahun 2020 untuk Bupati dan Ketua DPRD. Pengumuman dilakukan secara virtual, Selasa (15/6/2021). Penghargaan tersebut merupakan kali ketiga untuk Bupati dan kedua untuk Ketua DPRD.




Penghargaan Nirwasita Tantra diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar pada Kabupaten Sukoharjo yang diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Agustinus Setyono dalam rangkaian acara peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia. Sukoharjo meraih Peringkat 1 untuk kategori Kabupaten Sedang.

Penghargaan Nirwasita Tantra 2020 sendiri dinilai berdasarkan Dokumen Informasi Kinerja Lingkungan Hidup Daerah (IKPLHD) tahun 2019. Dokumen tersebut berisi data kondisi lingkungan hidup, isu-isu lingkungan hidup prioritas dan respon yang telah dilakukan oleh Pemkab Sukoharjo dalam mengatasi isu prioritas lingkungan hidup tersebut.

“Dokumen IKPLHD juga memuat inovasi-inovasi daerahdalam pengelolaan lingkungan hidup, diantaranya program kampung iklim daerah (proklim), pengembangan ekowisata berbasis masyarakat serta program konsolidasi lahan pertaian dan integrated farming,” jelas Agustinus Setyono.

Terpisah, Ketua DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi mengucapkan terima kasih pada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas penghargaan yang diberikan untuk Kabupaten Sukoharjo. Khusus untuk DPRD, Wawan mengaku meraih penghargaan karena mendukung program-program lingkungan hidup.

“Dukungan itu dalam bentuk terbitnya peraturan daerah tentang lingkungan hidup dan juga dukungan anggaran untuk lingkungan hidup,” terangnya.

Jadi, ujar Wawan, dukungan yang diberikan oleh DPRD Sukoharjo terkait program-program lingkungan hidup mendapat apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup. Wawan mengaku penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2020 yang diumumkan hari ini merupakan penghargaan kedua karena tahun 2019 juga mendapatkannya.

“DPRD sudah dua kali dapat penghargaan ini dan peringkat 1 terus. Patut diapresiasi karena Sukoharjo mendapat penghargaan untuk eksekutif dan legislatifnya, daerah lain yang mendapat penghargaan sebagian besar hanya eksekutifnya saja,” tambahnya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *