Bupati dan Istri “Ngonthel” Bareng Komunitas Onthelis Sukoharjo Makmur

Bupati Wardoyo Wijaya bersama istri Etik Suryani “ngonthe;” bareng Komunitas Onthelis Sukoharjo Makmur, Minggu (26/1/2020).

Sukoharjonews.com (Grogol) – Olahraga bersepeda tengah ngetren di tengah masyarakat Sukoharjo saat ini. Saat ini, bersepeda bukan sekadar olahraga, namun sudah menjadi gaya hidup dan memunculkan banyak paguyuban atau komunitas. Seperti Komunitas Onthelis Sukoharjo Makmur (OSM) yang dikukuhkan Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, Minggu (26/1/2020). Paguyuban OSM tersebut dikukuhkan di Dukuh Kutu, Desa Telukan, Grogol.


Pengukuhan Komunitas OSM sendiri dihadiri ribuan warga anggota OSM. Dalam kesempatan itu, Bupati hadir beserta istri Etik Suryani dan menyempatkan diri “ngonthel” barwng OSM. Bupati dan istri menggunakan sepeda “gandheng” yang bertuliskan “Kebo Gudak”. Bupati sendiri memberikan apresiasi munculnya komunitas-komunitas pecinta olahraga bersepeda seperti OSM yang khusus penggemar sepeda tua.

“Anggota OSM ini selain berolahraga sekaligus ikut melestarikan sepeda tua sebagai warisan masa lalu. Ini bagus karena melestarikan budaya dan sejarah,” ujarnya.

Bupati juga mengatakan, saat ini masyarakat mulai menerapkan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan karena masyarakat menyadari gaya hidup sehat akan menunjang hidup di masa yang akan datang. Menurutnya, gaya hidup tersebut telah membangun kesadaran menggunakan sepeda sebagai alat transportasi yang ramah lingkungan dan memberikan gaya hidup sehat.

Saat ini, ujar Bupati, dikarenakan usia dan kelangkaannya, sepeda onthel telah berubah menjadi barang antik dan unik. Kelangkaan itulah yang membuat semua kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga petinggi mulai memiliki minat kembali terhadap sepeda onthel tua. Minat yang muncul kembali terhadap sepeda tua unik inilah yang mendorong munculnya berbagai komunitas sepeda onthel seperti sekarang ini, salah satunya adalah Komunitas Onthelis Sukoharjo Makmur (OSM). (erlano putra)


Erlano Putra:
Tinggalkan Komentar