Buah yang Baik Untuk Ibu Menyusui

Buah yang baik untuk ibu menyusui. (Foto: mustela USA)

Sukoharjonews.com – Di masa menyusui, seorang ibu perlu memperhatikan asupan gizi sehari-sehari. Pola makan saat menyusui sebetulnya tidak jauh berbeda dengan pola makan bergizi saat tidak menyusui. Perbedaan utamanya adalah ibu menyusui membutuhkan lebih banyak kalori. Untuk mendapatkan tambahan kalori lebih yang sehat, ibu bisa mengonsumsi buah-buahan.


Secara umum buah yang bagus untuk ibu menyusui tidak terbatas jenisnya. Nutrisi khusus yang terkandung dalam buah-buahan, seperti zat besi, kalsium, potasium, vitamin A, dan vitamin D, diperlukan oleh ibu maupun bayinya di masa menyusui ini karena apa yang dikonsumsi ibu mengalir melalui ASI yang dikonsumsi bayinya. Dikutip dari Jovee, pada Kamis (3/8/2023), berikut buah-buahan yang bagus untuk ibu menyusui:

1. Pepaya Hijau
Biasanya kita menjumpai pepaya berwarna oranye cerah di pasaran. Tetapi yang kali ini berbeda. Pepaya hijau disebut-sebut sebagai buah yang bagus untuk ibu menyusui agar ASI banyak. Buah ini adalah varietas pepaya kuning keemasan yang masih berwarna hijau karena belum matang.

Pepaya hijau adalah salah satu buah yang bagus untuk ibu menyusui karena dapat membantu ibu menghasilkan lebih banyak ASI. Enzim di dalam pepaya hijau meningkatkan produksi ASI dan juga mengandung vitamin-vitamin penting seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E.

Meskipun termasuk buah yang bagus untuk ibu menyusui, tetapi ibu perlu memerhatikan apabila memiliki alergi terhadap lateks atau kiwi, ya. Karena terdapat reaksi silang antara bahan-bahan tersebut, walaupun jarang terjadi. Bisa jadi ibu alergi terhadap buah pepaya hijau ini. Jadi sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya.


2. Alpukat
Alpukat kaya akan asam lemak esensial seperti asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, dan asam lemak omega-9. Asam lemak ini penting untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh. Termasuk meningkatkan produksi ASI. Tidak hanya baik untuk bayi, alpukat juga memberikan efek positif bagi kesehatan ibu jika dikonsumsi sesuai dengan batasan. Jadi, jika ibu sedang mencari buah apa yang bagus untuk ibu menyusui, alpukat bisa jadi pilihan yang nikmat dikonsumsi segar, dijadikan salad, atau pun dijadikan smoothies.

3. Pisang
Apabila saat ini ibu sedang mencari buah apa yang bagus untuk ibu menyusui dan bisa ditemukan di pasar-pasar di dekat rumah, pisang jawabannya. Pisang mengandung asam folat yang cukup tinggi, serta vitamin dan mineral lainnya. Pisang juga dapat membantu ibu agar kenyang lebih lama karena mengandung kalori yang cukup tinggi yang dibutuhkan tubuh saat menyusui. Kandungan kaliumnya diperlukan tubuh untuk memproduksi ASI yang berkualitas.


4. Strawberry
Siapa yang tidak suka dengan buah berwarna merah yang manis dan segar ini? Strawberry memang punya banyak penggemar karena rasanya yang enak. Tak hanya rasanya yang lezat, strawberry ternyata juga termasuk buah yang bagus untuk ibu menyusui karena kaya akan zat besi, vitamin C, kalsium, potasium, dan magnesium.

5. Aprikot
Aprikot adalah sumber makanan yang kaya vitamin C, A, kalsium, dan potasium. Aprikot adalah buah yang bagus untuk ibu menyusui agar ASI banyak karena meningkatkan kadar fitoestrogen dalam tubuh yang meniru aktivitas hormon estrogen. Bahan kimia ini membantu mengatur hormon penghasil ASI dan meningkatkan produksi ASI. Tidak hanya itu, ibu menyusui bersiko kekurangan Vitamin A sehingga penting untung mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin A seperti aprikot.

Itulah beberapa daftar buah yang bagus untuk ibu menyusui dan dapat meningkatkan produksi ASI. Kombinasikan konsumsi buah-buahan ini dengan makanan yang lainnya, seperti sayur-sayuran, protein nabati, protein hewani, biji-bijian, dan karbohidrat dalam jumlah terkontrol untuk menunjang produksi dan kualitas ASI serta meningkatkan kebugaran tubuh selama masa menyusui.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *