Buah untuk Pencernaan yang Patut Anda Coba!

Buah yang bagus untuk pencernaan.(Foto: bnn)

Sukoharjonews.com – Karena banyak orang mulai menyadari pentingnya menerapkan pola hidup sehat, kini makanan khusus untuk menyehatkan organ tubuh tertentu tengah digemari. Salah satunya yaitu makanan yang baik untuk pencernaan, seperti usus. Anda mungkin sudah mengenal manfaat yogurt karena mengandung probiotik. Probiotik tersebut bermanfaat untuk memelihara bakteri baik dalam usus.

Selain yogurt, ketahui daftar buah untuk melancarkan pencernaan selengkapnya berikut ini! Dikutip dari Healthshots, pada Kamis (11/4/2024), inilah buah untuk pencernaan yang patut Anda coba:

1. Pisang
Sehat dan lezat, pisang mengandung air dan serat yang dapat membantu melancarkan keteraturan dan pencernaan. Ini juga mengandung potasium yang baik untuk pencernaan Anda. Makanan tinggi serat seperti pisang membantu Anda menghindari kembung, kram perut, dan gas. Ini juga mendorong pertumbuhan bakteri sehat dan merangsang pertumbuhannya

2. Buah Beri
Buah beri seperti blueberry, stroberi, raspberry, dan blackberry mengandung serat makanan dan antioksidan yang meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan. Anda dapat menambahkan segenggam buah beri ke dalam oatmeal dan yogurt untuk memulai hari Anda dengan sehat.

3. Buah Kiwi
Tahukah Anda kiwi meningkatkan pencernaan? Mengandung aktinidin, yaitu enzim yang mendukung keteraturan pencernaan dan membantu Anda menyingkirkan masalah pencernaan. Ini juga memperbaiki gejala seperti sembelit, gejala gastrointestinal bagian atas (GI) seperti gangguan pencernaan, ketidaknyamanan perut dan refluks asam.

4. Alpukat
Sebagai makanan super, alpukat kaya akan serat dan nutrisi seperti potasium yang membantu melancarkan pencernaan. Ini juga merupakan makanan rendah fruktosa, artinya dapat membantu Anda menghindari gas dan kembung. Meskipun sehat untuk sistem pencernaan Anda, pastikan Anda memakannya dalam jumlah sedang.

5. Apel
Sebuah apel sehari akan mencegah masalah pencernaan! Apel kaya akan serat, menjadikannya buah yang baik untuk pencernaan. Ini membuat Anda kenyang lebih lama dan mendorong pertumbuhan bakteri usus. Anda bisa memakannya dengan cara diiris, dipotong dadu, dan sebagai camilan renyah.

Demikian beberapa buah yang dapat membantu memperlancar pencernaan Anda.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar