Buah Mengandung Tinggi untuk Menjaga Kulit Tetap Kencang dan Halus

buah yang mengandung kolagen.(Foto:healthline)

Sukoharjonews.com – Kolagen, protein paling melimpah di tubuh kita, berperan penting dalam menjaga kesehatan dan elastisitas kulit, rambut, dan kuku kita. Meskipun tubuh kita secara alami memproduksi kolagen, produksinya menurun seiring bertambahnya usia, menyebabkan kerutan, kulit kendur, dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Dilansir dari agribotix, Minggu (4/8/2024), buah-buahan tertentu meningkatkan kolagen, yang kaya akan vitamin dan antioksidan yang dapat meningkatkan produksi kolagen, membantu meremajakan kulit dan kesehatan kulit kita serta menjaga penampilan awet muda.

Makanan seperti kaldu tulang yang kaya kolagen secara alami mengandung banyak kolagen yang belum diproses, yang mengurangi nyeri sendi dan meningkatkan kesehatan dan elastisitas kulit. Putih telur mengandung prolin dalam jumlah besar, salah satu asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen. Asupan kolagen dengan makanan kaya protein tinggi suplemen kolagen menghilangkan kerutan dan meningkatkan elastisitas kulit.

1. Mangga
Mangga juga kaya akan vitamin C yang penting untuk membentuk pembuluh darah dan kolagen yang menyehatkan, serta membantu menyembuhkan dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Kolagen ini mengembalikan elastisitas kulit dan mencegah pembentukan kerutan. Mangga kaya akan beta-karoten, pigmen yang bertanggung jawab atas warna kuning-oranye pada buah. Beta-karoten adalah antioksidan, hanya satu dari banyak yang ditemukan dalam mangga.

2. Nanas
Minum jus nanas membantu tubuh dalam sintesis kolagen, yang membantu kulit tetap kencang dan fleksibel, sementara vitamin C dan asam amino membantu perbaikan sel dan jaringan, makanan tinggi kolagen membantu kesehatan secara keseluruhan. Kuku yang rapuh dan kering mungkin menandakan kekurangan vitamin A, sedangkan kuku yang pecah-pecah dan pecah-pecah mungkin menandakan tubuh Anda kekurangan vitamin B.

3. Jambu biji
Jambu biji juga memiliki sedikit seng, bahan lain yang membantu produksi kolagen. Selain membantu produksi kolagen, buah-buahan tropis menawarkan manfaat lain seperti: Vitamin, mineral, dan antioksidan. Buah-buahan tropis seperti buah jeruk yang kaya akan vitamin C dapat digunakan bersama dalam salad dengan jambu biji untuk menjadikannya suplemen kolagen.

4. buah beri
Buah beri adalah sumber alami vitamin C. Vitamin C, memungkinkan tubuh membentuk kolagen dan menggunakannya secara efektif, yang juga mencegah penuaan kulit. Konsumsi semua jenis buah beri seperti blueberry, raspberry, stroberi, blackberry, dll membantu tubuh memproduksi kolagen.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar