Buah Satu Ini Sanggup Cegah Dehindrasi Saat Musim Panas hingga Turunkan Berat Badan

Sukoharjonews.com – Kebanyakan orang Indonesia telah familiar dengan buah lontar atau siwalan atau palmyra fruit dalam bahasa Inggris. Buah dengan nama latin Borassus flabellifer ini banyak dijumpai di negara-negara tropis seperti Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan.


Dilansir dari Daily Sun, Kamis (16/62023), Buah lontar terdiri dari lapisan kulit luar yang keras dan tebal berwarna hitam dengan semburat hijau atau kuning, serta lapisan kulit tipis berwarna coklat kekuningan yang menutupi bagian buah. Sementara, buahnya mirip dengan kolang-kaling yang bening, lunak, lembut, dan berair. Oleh karena itu, buah lontar sangat cocok dinikmati untuk menghilangkan dahaga di siang hari yang terik.

Siwalan kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Sebut saja mulai dari air, karbohidrat, vitamin C, vitamin B kompleks, protein, dan mineral seperti fosfor, kalium, kalsium, dan zat besi. Pantas saja jika sejak dulu bu

1. Merehidrasi Tubuh
Buah lontar rasanya manis dan segar, bagaikan meminum air kelapa muda. Mengonsumsi buah lontar mampu menjaga tubuh tetap sejuk dan terhidrasi selama cuaca panas. Nggak cuma itu, mengutip Daily Sun, buah lontar dapat membantu menggantikan cairan elektrolit yang hilang akibat keringat berlebih maupun diare.


2. Mengobati Gatal dan Biang Keringat
Bagi beberapa orang, musim panas berkepanjangan dapat memicu timbulnya masalah kulit umum seperti ruam dan biang keringat. Eits, tenang saja, khasiat antiinflamasi pada buah lontar bisa dengan mudah mengatasi masalah kulit tersebut.

Mengutip CNN Indonesia, kamu tinggal mengoleskan daging buah lontar pada area kulit yang bermasalah untuk meredakan gatal, kemerahan, dan memberikan efek menenangkan pada kulit. Cara ini juga aman digunakan pada bayi.


3. Meredakan Masalah Pencernaan
Buah lontar dipercaya menjadi obat alami untuk mengatasi masalah pencernaan. Mengutip laman Health Benefits Times, siwalan atau lontar dapat membantu menghilangkan sembelit dan meningkatkan pergerakan usus supaya mencerna makanan lebih cepat.

Selain itu, buah ini bahkan sangat baik untuk menurunkan kadar asam lambung bagi penderita maag hingga mengurangi efek mual dan muntah pada ibu hamil.

4. Menurunkan Berat Badan
Kaya akan mineral dan vitamin, buah lontar merupakan pilihan sehat bagi orang yang sedang diet. Laman The Indian Med menyebutkan, bahwa buah ini rendah indeks glikemik, sangat rendah kalori, namun tinggi kandungan air sampai 93%, sehingga sanggup menjaga perutmu kenyang lebih lama.


5. Kaya Antioksidan
Kehadiran senyawa fenolik sebagai antioksidan dan sifat antiinflamasi yang kuat pada siwalan membuatnya mampu menangkal radikal bebas dan memperlambat proses penuaan. Selain itu, merujuk pada jurnal South African Journal of Botany (2022), kandungan fitonutrien seperti asam oleat dan asam lemak tak jenuh pada buah lontar baik dikonsumsi karena memiliki efek perlindungan jantung.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *