Buah-buahan yang Dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Buah-buahan yang bantu turunkan tekanan darah. (Foto: pixabay)

Sukoharjonews.com – Tekanan darah tinggi sering kali masuk secara diam-diam ke dalam hidup Anda dan mulai memengaruhi berbagai aspek kesehatan Anda. Ketika kekuatan darah yang mendorong dinding pembuluh darah terlalu tinggi, hal ini disebut tekanan darah tinggi. Menjalani gaya hidup yang tidak sehat merupakan penyebab utama terjadinya hipertensi.

Dilansir dari Hindustan Times, Senin (11/3/2024), Jika Anda kelebihan berat badan, makan terlalu banyak garam, stres, atau tidak berolahraga, Anda mungkin berisiko lebih tinggi terkena hipertensi. Orang juga mungkin mengalami tekanan darah tinggi seiring bertambahnya usia atau karena riwayat keluarga. Sakit kepala, pandangan kabur, mual, mimisan, pusing, nyeri dada, kejang, dan sesak napas merupakan beberapa gejala tekanan darah.

Apa yang harus dimakan oleh penderita tekanan darah
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan asupan garam kurang dari satu sendok teh sepanjang hari. Selain garam meja, sumber natrium yang tersembunyi termasuk makanan olahan seperti produk roti, keju olahan, daging kaleng dan daging yang diawetkan, makanan siap saji, saus kemasan, soda, dan sereal sarapan berkontribusi terhadap peningkatan asupan natrium dalam makanan. Natrium sangat umum digunakan sebagai pengawet pada makanan kemasan, jadi meskipun makanan tersebut tidak terasa asin, mungkin masih mengandung natrium.

Dr Eileen menyarankan tips diet untuk penderita tekanan darah:
– Elektrolit seperti potasium, kalsium dan magnesium membantu mengatur tekanan darah dan karenanya harus dimasukkan secara teratur dalam makanan.

– Beberapa makanan yang kaya akan mineral ini antara lain kacang-kacangan dan lentil, produk susu seperti susu, yogurt, keju cottage, beri, buah jeruk, air kelapa, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji chia, biji labu, almond, kenari .

– Makanan ini juga kaya serat makanan yang membantu mengurangi risiko pembentukan plak di arteri sehingga mencegah serangan jantung dan stroke.

– Penting untuk menerapkan gaya hidup sehat yang terdiri dari pola makan seimbang, hidrasi yang cukup, pola tidur yang teratur dan sehat, serta olahraga fisik.

Berikut beberapa buah-buahan yang dapat membantu mengelola tekanan darah
– Pisang kaya akan potasium dan magnesium yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap rendah.

– Strawberry mengandung antosianin (antioksidan), vitamin C, potasium, dan asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

– Semangka rendah natrium dan tinggi kandungan air. Ia juga memiliki Vitamin C, potasium, likopen dan antioksidan, semua nutrisi yang membantu melawan tekanan darah

– Mangga memiliki beta karoten dan potasium yang dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah.

– Delima membantu mengurangi enzim ACE yang mengontrol ukuran pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar