Break Salat Ashar, Rekapitulasi KPU Selesaikan Lima Kecamatan

Rapat Pleno Terbuka KPU Sukoharjo di Hotel Tosan, Solo Baru, Selasa (15/12/2020).

Sukoharjonews.com (Grogol) – Setelah sempat tersendat untuk kecamatan Baki, proses rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten oleh KPU Sukoharjo mulai berjalan lancar. Tidak ada masalah berarti yang ditemukan. Hingga “break” salat ashar, KPU sudah menyelesaikan penghitungan untuk lima kecamatan. masing-masing Kecamatan Baki, Bendosari, Bulu, Gatak, dan Kecamatan Grogol.


“Kita skors selama 15 menit untuk salat ashar. Setelah “break” lanjut untuk Kecamatan Kartasura,” ujar Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda.

Pleno KPU sendiri digelar di Hotel Tosan, Selasa (15/12/2020). Dalam pleno tersebut, seluruh PPK hadir plus Bawaslu dan saksi dari dua pasangan calon (paslon). Selain Kecamatan Baki, untuk kecamatan lain relatif lancar. Pasalnya, sebelum dimulai pembacaan perolehan suara, PPK membacakan terlebih dahulu kejadian khusus yang terjadi selama pleno di tingkat PPK.

Kejadian khusus yang terjadi rata-rata ada kesalahan input data untuk pemilih disabilitas. Ada juga salah input dana pemilih tambahan, dan lainnya. Namun, kejadian khusus di tingkat PPK tersebut tidak memengaruhi atau merubah perolehan suara masing-masing paslon. Hingga menyelesaikan lima kecamatan, justru Bawaslu yang terlihat aktif menanyakan soal koreksi atau perubahan yang terjadi di tingkat PPK.

Saksi dari dua paslon memasuki kecamatan kedua hingga kelima justru terpantau pasif. Hal itu dikarenakan data yang dibaca dalam pleno tersebut sudah sesuai dengan data yang dipegang oleh masing-masing saksi. Disisi lain, pleno KPU di Hotel Tosan mendapat penjagaan ketat aparat kepolisian didukung TNI. Terlihat juga Tim Reaksi Cepat (TRC) Polres ada di lokasi pleno. (erlano putra)

Erlano Putra:
Tinggalkan Komentar