Box Office: ‘Megalopolis’ Merosot dengan USD4 Juta, ‘The Wild Robot’ Mendarat di No. 1 dengan USD35 Juta

Megalopolis. (Foto: Variety)

Sukoharjonews.com – “The Wild Robot” produksi Universal dan DreamWorks Animation berhasil menduduki peringkat pertama di tangga box office, melampaui ekspektasi dengan USD35 juta dari 3.962 lokasi pemutaran. Sementara itu, film epik fiksi ilmiah garapan Francis Ford Coppola “Megalopolis” merosot tajam pada debutnya di box office, hanya meraup USD4 juta dari 1.854 bioskop di Amerika Utara.

Dikutip dari Variety, Selasa (1/10/2024), penjualan tiket untuk “Megalopolis” kurang dari proyeksi awal sebesar USD5 juta hingga USD7 juta, yang akan menjadi bencana finansial bagi film dengan anggaran USD120 juta tersebut. Sebagai perbandingan, proyek Kevin Costner yang sebagian besar didanai sendiri dengan anggaran USD100 juta, “Horizon: An American Saga – Part One”, berhasil meraup USD11 juta selama musim panas sebelum akhirnya meraup USD36 juta di seluruh dunia. Akibatnya, rencana untuk merilis “Part Two” ditunda tanpa batas waktu.

Dengan penjualan dari mulut ke mulut yang buruk (film tersebut mendapat nilai “D+” di CinemaScore), “Megalopolis” dibuka di posisi keenam di belakang tiga judul yang tersisa dan film laga berbahasa Telugu India “Devara: Part 1.” Ulasan film tersebut sangat beragam, New York Times menyebut film tersebut “luar biasa” dan Associated Press mengatakan film tersebut “hampir mustahil dicerna dalam sekali tonton.”

“Film ini memiliki visi pribadi yang ambisius. Terkadang film seperti ini mengalahkan peluang dan menghasilkan banyak uang,” kata analis David A. Gross dari firma konsultan film Franchise Entertainment Research. “Film ini tidak berhasil. Hasilnya adalah pengurangan pajak yang besar.”

Lionsgate merilis “Megalopolis” di AS tetapi tidak bertanggung jawab atas biaya distribusi atau pemasaran. Sebaliknya, Coppola, sutradara peraih Oscar untuk trilogi “The Godfather” dan “Apocalypse Now,” yang mendanai sendiri proyek tersebut dan bertanggung jawab atas biaya. Sebagai bagian dari upaya promosi, Lionsgate mencoba untuk mengolok-olok perselisihan film tersebut dengan sebuah trailer yang mengutip kritikus film terkenal yang awalnya mengabaikan film-film Coppola yang kemudian menjadi film klasik.

Namun, majalah Vulture pertama kali melaporkan bahwa kutipan tersebut dibuat-buat atau dihasilkan oleh AI, yang mendorong Lionsgate untuk meminta maaf dan menarik kembali iklan tersebut. Berlatar di Amerika yang futuristik, “Megalopolis” mengikuti seorang arsitek (Adam Driver) yang berselisih dengan walikota yang korup (Giancarlo Esposito) dalam menentukan cara membangun kembali kota metropolitan New Rome setelah bencana.

Film ini juga dibintangi oleh Nathalie Emmanuel, Aubrey Plaza, Shia LaBeouf, Jon Voight, dan Laurence Fishburne. “Film ini tidak pernah ditakdirkan menjadi film laris dan merupakan definisi yang tepat dari proyek yang digemari,” kata analis senior Comscore Paul Dergarabedian. “Meskipun demikian, film ini dapat menarik minat jangka panjang dari para penggemar film.”

“The Wild Robot” menghabiskan biaya sebesar USD78 juta, sehingga film ini berharap dapat bertahan lama seperti film animasi keluarga pascapandemi seperti “Elemental” dari Pixar dan “Migration” dari Illumination, yang keduanya mengubah sentimen positif menjadi penjualan tiket dalam beberapa bulan setelah pemutaran perdana. “The Wild Robot” telah diterima dengan baik oleh para kritikus dan penonton — film ini mendapat skor 98% di Rotten Tomatoes dan “A” di CinemaScore — yang menjadi pertanda baik untuk penayangan teatrikalnya.

“Akhir pekan pembukaan yang sangat memuaskan untuk ‘The Wild Robot’,” kata presiden distribusi domestik Universal, Jim Orr. “Kami mendatangkan penonton dari segala usia, dan skor penontonnya sangat tinggi. Ini menunjukkan penayangan yang panjang dan sukses sepanjang musim gugur.” “The Wild Robot” sudah mulai diputar di box office internasional, di mana film tersebut telah meraup USD18 juta sejauh ini dengan total pendapatan global sebesar USD53 juta.

Lupita Nyong’o menjadi pengisi suara utama film tersebut, memerankan robot bernama Roz, yang terdampar di pulau tak berpenghuni dan segera menjalin ikatan dengan anak angsa yatim piatu. Pedro Pascal, Kit Connor, Bill Nighy, Mark Hamill, dan Catherine O’Hara mengisi suara hewan-hewan yang berteman dengan Roz selama film berlangsung.

“Ini adalah pembukaan yang sangat bagus untuk film animasi baru,” kata Gross. “Rilisan animasi berjalan sangat baik setelah pembukaan, terutama saat diterima dengan antusias seperti ini. Film ini seharusnya memiliki jangkauan domestik yang kuat.”

Dengan “The Wild Robot” yang mengklaim posisi No. 1, juara tiga kali “Beetlejuice Beetlejuice” turun ke posisi kedua. Sekuel film horor garapan Tim Burton kembali menikmati kesuksesan besar, dengan meraup USD16 juta dari 3.804 lokasi pada minggu keempat perilisannya. Film ini telah meraup USD250 juta di dalam negeri dan USD373,3 juta di seluruh dunia hingga saat ini.

Film animasi Paramount “Transformers One,” yang dibintangi Chris Hemsworth dan Brian Tyree Henry sebagai Optimus Prime dan Megatron muda, turun ke posisi No. 3. Film ini meraup USD9,3 juta dari 3.970 lokasi, menandai penurunan tajam sebesar 63% dari debutnya. “Transformers One” telah meraup USD39,1 juta di box office domestik dan USD72 juta di seluruh dunia. Biaya produksinya mencapai USD75 juta.

Film laga berbahasa Telugu India “Devara: Part 1″ dibuka di posisi keempat, mengumpulkan sekitar USD6,7 juta dari hanya 1.040 bioskop. Film berdurasi tiga jam, yang dibintangi oleh aktor “RRR” N. T. Rama Rao Jr. dalam peran ganda, mengikuti seorang pria yang mengetahui saudaranya menyelundupkan senjata mematikan, mengubah saudara kandung tersebut menjadi musuh.

“Speak No Evil,” pembuatan ulang Universal dan Blumhouse dari film thriller horor Denmark tahun 2022, melengkapi lima besar dengan USD4,3 juta dari 2.661 bioskop. Itu adalah penurunan 27% dari akhir pekan sebelumnya, sebuah pencapaian luar biasa untuk film mana pun di minggu ketiga perilisannya. Sejauh ini, komedi gelap tentang sopan santun, yang dibintangi oleh James McAvoy dan Mackenzie Davis, telah meraup USD28 juta di Amerika Utara dan USD57,7 juta di seluruh dunia.

Dalam rilis terbatas, “Saturday Night” karya sutradara Jason Reitman, sebuah film dramatis menjelang episode pertama “Saturday Night Live”, meraup USD265.000 dari lima lokasi di New York dan Los Angeles. Penjualan tiket tersebut menghasilkan USD53.000 per lokasi. Sony akan merilis film tersebut — yang dibintangi Gabriel LaBelle sebagai Lorne Michaels, Cory Michael Smith sebagai Chevy Chase, dan Ella Hunt sebagai Gilda Radner — secara nasional pada tanggal 11 Oktober. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *