Box Office: ‘M3GAN’ Membunuh dengan Debut USD30 Juta, ‘Avatar: The Way of Water’ Tetap No.1

M3GAN. (Foto: Variety)

Sukoharjonews.com – Film thriller boneka menyeramkan dari Universal dan Blumhouse “M3GAN” – kependekan dari “Model 3 Generative Android” – menghasilkan banyak uang di akhir pekan pembukaannya, mengumpulkan USD30,2 juta lebih baik dari perkiraan dari 3.509 bioskop Amerika Utara. Secara internasional, film ini telah menghasilkan USD14,8 juta hingga saat ini, menjadikan penghitungan globalnya menjadi USD45 juta.

Dilansir dari Variety, Senin (9/1/2023), menuju akhir pekan, film PG-13 diproyeksikan akan menghasilkan USD17 juta hingga USD20 juta di Amerika Utara, tetapi promosi dari mulut ke mulut yang luar biasa dan kecintaan penonton yang abadi terhadap horor adalah kunci dalam mengungguli ekspektasi secara signifikan. Ini adalah awal yang mematikan untuk film yang dianggarkan USD12 juta.

“Blumhouse dan Atomic Monster karya James Wan menghadirkan film yang luar biasa. Menyenangkan, menakutkan, mendebarkan, ”kata Jim Orr, presiden distribusi domestik Universal. “Word-of-mouth adalah melalui atap.”

Dan jumlah penonton untuk “M3GAN” sangat menggembirakan bagi Hollywood dan pemilik bioskop karena bulan Januari cenderung menjadi zona mati box office. “M3GAN” adalah film pertama yang dibuka dengan pendapatan lebih dari USD30 juta pada minggu pertama tahun baru dalam lebih dari satu dekade, ketika “The Devil Inside” tahun 2012 menghasilkan USD33,7 juta.

Tidak terlalu mengejutkan jika boneka ini masuk box office. Dalam minggu-minggu menjelang debutnya, M3GAN menjadi sensasi internet viral, berkat koreografinya yang mematikan dan energi kacau secara keseluruhan. Universal dan Blumhouse berhasil memanfaatkan semangat internet dengan taktik pemasaran yang cerdik, termasuk rombongan boneka penari di pemutaran perdana film dan acara olahraga.

Gerard Johnstone menyutradarai “M3GAN”, yang berpusat pada seorang ahli robot (Allison Williams) yang menciptakan kreasi AI realistis yang diprogram untuk menjadi pendamping yang sempurna bagi keponakannya yang baru saja menjadi yatim piatu (Violet McGraw).

“Film horor tidak menunjukkan penurunan di box office,” kata David A. Gross, yang menjalankan perusahaan konsultan film Franchise Entertainment Research. “Penonton bioskop muda ingin melihat mereka bersama teman-teman mereka, di layar lebar, untuk sensasi maksimal.”

Betapapun mengesankan, penjualan tiket untuk “M3GAN” tidak cukup untuk melengserkan sekuel blockbuster abadi James Cameron “Avatar: The Way of Water,” yang telah mengklaim posisi No. 1 di tangga box office dAmerika selama empat minggu berturut-turut.

Epik fiksi ilmiah, dari Disney dan Abad ke-20, menambahkan USD45 juta yang kuat dari 4.340 bioskop, penurunan minimal 33% dari akhir pekan lalu. Sejauh ini, “Avatar 2” telah menghasilkan USD516 juta di Amerika Utara dan USD1,1 miliar secara internasional. Dengan USD1,708 miliar secara global, saat ini berdiri sebagai film terbesar ketujuh dalam sejarah.

Box office pada tahun 2022 turun sekitar 30% dari tahun 2019, sebagian karena studio merilis lebih sedikit film dan sebagian karena kebiasaan menonton bioskop berubah selama corona.

Namun pasti ada harapan 12 bulan ke depan akan lebih kuat dari 24 bulan terakhir, dengan calon blockbuster seperti “Mission: Impossible 7,” “Fast X” dan “Guardians of the Galaxy Vol. 3” sesuai jadwal, bersama dengan potensi breakout seperti “Barbie” berlapis neon Greta Gerwig dan drama perang Christopher Nolan “Oppenheimer.” (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar