Bosan Mengonsumsi Protein dari Daging? Ganti dengan Beberapa Sayuran Berikut

Sayuran yang mengandung protein. (Foto: shutterstock)

Sukoharjonews.com – Protein merupakan nutrisi penting bagi tubuh yang dapat bersumber dari hewan maupun tumbuhan. Namun kebanyakan orang percaya bahwa kandungan protein hanya bisa didapatkan dari daging hewan saja.

Padahal ada berbagai jenis sayuran yang bisa menjadi sumber protein nabati. Bahkan menurut sejumlah penelitian, kandungan protein dalam berbagai sayuran ini tak kalah tinggi jika dibandingkan dengan daging ayam atau sapi. Dikutip dari WebMD, pada Sabtu (1/4/2023), berikut beberapa sayuran yang mengandung protein:

1. Bayam
Butir bebas gluten ini adalah protein lengkap dengan kesembilan asam amino esensial. Satu cangkir bayam yang dimasak mengandung 9 gram protein, rasa yang lembut seperti kacang, dan tekstur yang mirip dengan polenta. Ini dapat digunakan dalam hidangan manis dan gurih, seperti muffin dan mangkuk biji-bijian.

2. Kacang hitam
Juga disebut kacang penyu atau negros frijoles , kacang hitam mengemas 8 gram protein per setengah cangkir. Mereka juga memiliki vitamin A, folat, dan kalsium. Bersamaan dengan zat besi, potasium, dan magnesium. Sering dipasangkan dengan taco, kacang hitam sangat enak di mangkuk biji-bijian, cabai vegetarian, atau dimasukkan ke dalam ubi panggang.

3. Buncis
Juga disebut kacang garbanzo, buncis memiliki 7 gram protein per setengah cangkir. Mereka bekerja dengan baik dalam salad, kari, sup, dan hidangan pasta. Anda bisa memanggangnya untuk camilan atau memasukkannya ke dalam blender dan membuatnya menjadi hummus. Tepung buncis juga lebih tinggi proteinnya daripada tepung serba guna. Gunakan untuk breading atau pancake.

4. Biji labu
Mereka mungkin mendapat perhatian paling banyak saat Halloween, tetapi biji labu tersedia dan bagus untuk Anda sepanjang tahun. Juga disebut pepitas, seperempat cangkir biji labu mengandung 8 gram protein dan 42% dari kebutuhan magnesium harian Anda. Aduk mereka dalam campuran jejak, granola, atau salad. Atau hanya memakannya saja sebagai camilan.

5. Kacang edamame
Protein hewani tidak memiliki serat, tetapi protein nabati memilikinya. Setengah cangkir polong edamame mengandung 9 gram protein dan 4 gram serat. Kedelai hijau ini juga memiliki vitamin A dan B, bersama dengan fitokimia yang disebut isoflavon yang memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi. Edamame menjadi makanan ringan atau basis protein yang enak untuk tumis.

Demikian beberapa sayuran yang mengandung protein yang wajib Anda ketahui. (cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar