Bolehkah Kita Mendinginkan Roti?, Simak Ini Penjelasannya

efek menyimpan roti dalam kulkas.(Foto:tasting table)

Sukoharjonews.com -Kulkas Anda adalah solusi sempurna untuk menyimpan cukup banyak makanan, tetapi roti bukanlah salah satunya. Menyimpan roti di dalam lemari es dapat menimbulkan efek sebaliknya, memperpendek umur roti, serta merusak rasa dan teksturnya.

Dilansir dari clean eatingmag, Rabu (31/7/2024), Serious Eats menjelaskan ilmu di balik cara kerja lemari es pada roti apa pun. Saat roti mulai rusak – atau basi – molekul patinya berubah. Itu sebabnya ia mengering, menjadi rapuh dan berubah rasa. Pati biasanya berbentuk kristal, tetapi ketika diubah menjadi adonan dan dipanggang menjadi roti, struktur kristal tersebut akan rusak.

Namun, segera setelah roti selesai dipanggang dan mulai dingin, pati di dalamnya mulai mengkristal kembali dan mengeras kembali ke bentuk aslinya. Dan ketika ini terjadi, roti Anda juga mengeras (dan perlahan menjadi basi).

Saat Anda mendinginkan roti, suhu yang dingin dan tidak terlalu beku mempercepat seluruh proses. Lingkungan lemari es Anda yang sejuk menyebabkan kristalisasi terjadi dengan cepat, yang membuat roti Anda menjadi kering dan keras dalam waktu singkat.

Bekukan roti Anda
Anda membacanya dengan benar: Kulkas Anda terlalu dingin untuk menyimpan roti, tetapi freezer Anda tidak. Roti mungkin akan cepat basi jika disimpan di lemari es, tetapi membekukannya sebenarnya adalah salah satu cara terbaik untuk memperpanjang umur simpannya.

Gunakan kotak roti
Jika Anda tidak ingin membekukan roti, ada pilihan lain yang bisa Anda gunakan dengan metode penyimpanan yang sudah ada sejak lama: kotak roti.

Bagilah roti Anda
Jika Anda tidak sepenuhnya puas dengan salah satu metode penyimpanan ini, Anda dapat mencoba alternatif lain untuk menyeimbangkan kesegaran dengan kebutuhan Anda akan roti bersuhu ruangan. Bagilah roti Anda dan simpan beberapa irisan di dalam kotak roti atau wadah kedap udara, dan bekukan sisanya.

Anda dapat mengiris roti Anda (atau jika Anda mengerjakan roti yang sudah diiris sebelumnya, cukup bagi irisannya menjadi dua tumpukan) dan simpan sebanyak yang Anda perlukan selama tiga hingga empat hari di meja atau di dapur Anda. Sisa roti dimasukkan ke dalam kantong atau wadah yang dapat ditutup kembali, lalu ke dalam freezer.

Dengan metode ini, Anda akan mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia. Selain itu, membekukan sebagian roti membantu mengurangi limbah dan mengurangi tekanan untuk menghabiskan roti secepatnya. Saat Anda siap untuk mendapatkan lebih banyak roti, Anda cukup mencairkan irisan tambahan. (patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar