Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Kelapa? Simak Penjelasannya

Air kelapa untuk ibu hami.(Foto: miniclub parenting)

Sukoharjonews.com – Bolehkah ibu hamil minum air kelapa menjadi pertanyaan banyak ibu hamil, karena merupakan minuman yang banyak memberikan nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin.


Dilansir dari Vinmec, Kamis (15/8/2024),untuk menjamin keamanannya, ibu harus mempertimbangkan pemberian suplemen dengan dosis yang tepat disertai dengan pola makan yang lengkap dan sehat.

1. Apa saja manfaat minum air kelapa saat hamil?
Air kelapa adalah minuman sehat, bebas lemak, sejuk dan menyegarkan yang membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan mengisi kembali garam alami yang dikeluarkan tubuh melalui proses keringat. Manfaat air kelapa sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin karena alasan berikut:

Menstabilkan kadar cairan dan elektrolit
Air kelapa mengandung gula, protein, dan natrium dalam jumlah sedang, sehingga membantu menjaga Menjaga kadar cairan dan elektrolit harian yang dibutuhkan oleh tubuh.
Perlindungan terhadap infeksi.

2. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat meminum air kelapa saat hamil
Meski air kelapa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun ibu hamil sebaiknya hanya meminum air kelapa selama hamil dalam jumlah sedang, karena terlalu banyak tidak baik. Air bersih, matang, dan disaring selalu menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak meminum air kelapa saat hamil sebagai pengganti air putih biasa, karena dapat mengganggu keseimbangan elektrolit tubuh.

Air kelapa yang paling baik digunakan adalah air kelapa yang baru saja dipotong, karena masih segar dan kaya nutrisi. Sebaliknya, untuk air kelapa kemasan atau kaleng, beberapa produsen mungkin menambahkan pemanis, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan atau menyebabkan masalah gula darah bagi wanita dengan kondisi tersebut. Oleh karena itu, pilihan terbaik untuk minuman sehat adalah air kelapa tanpa pemanis dan perhatikan ukuran porsi yang sesuai untuk setiap tahap kehamilan.


Selain itu, jika Anda pernah memiliki alergi atau rentan mengalami alergi terhadap air kelapa, sebaiknya jangan bereksperimen dengan minum saat hamil. Itu selalu lebih baik untuk mencari bantuan dari profesional kesehatan sebelum menambahkan makanan apa pun ke dalam diet rutin Anda.

Demikian dengan pertanyaan “Bolehkah saya minum air kelapa saat hamil”. Jawabannya adalah meminum air kelapa saat hamil sangat dianjurkan. Namun, karena tidak ada satu makanan pun yang dapat mengandung semua nutrisi penting, ibu hamil tetap harus membangun pola makan kehamilan yang seimbang, menggabungkan buah-buahan utuh, sayuran dan hidangan daging, serta sereal untuk memastikan perkembangan janin secara menyeluruh.

Untuk melindungi kesehatan ibu dan bayi secara komprehensif, Vinmec International General Hospital kini memiliki paket layanan bersalin, dengan tim dokter berkualifikasi tinggi, sistem USG, dan peralatan medis. Peralatan modern akan segera mengenali kelainan selama kehamilan, membantu memantau kesehatan ibu dan bayi sejak awal kehamilan, mendeteksi dini dan mengintervensi masalah kesehatan tepat waktu.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *