Biji-bijian Ini Dipercaya Dapat Menurunkan Berat Badan, Simak Apa Saja!

Biji-bijian turunkan berat badan. (Foto: istock)

Sukoharjonews.com – Biji-bijian menjadi salah satu jenis makanan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Bahkan, dari berbagai macam biji-bijian terdapat beberapa jenis tertentu yang baik untuk program diet Anda. Biji-bijian untuk diet ini bisa Anda jadikan sebagai salah satu asupan sehat guna mengontrol berat badan.

Dikutip dari Healthshots, pada Sabtu (9/9/2023), berikut biji-bijian yang dopercaya dapat menurunkan berat badan:

1. Biji Labu
Banyak manfaat kesehatan dari biji labu termasuk membantu orang menurunkan berat badan. Biji yang kaya akan protein, seng, tembaga, magnesium, dan nutrisi lainnya ini bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Di satu sisi, protein dan serat dalam biji labu membuat Anda merasa kenyang dan kenyang, dan di sisi lain, magnesium membantu menjaga kesehatan jaringan otot dan mengatur metabolisme. Anda bisa menaburkannya pada salad atau memanggangnya untuk camilan lezat.

2. Biji Wijen
Sumber protein yang baik adalah biji wijen, atau til, yang meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan. Ini membantu Anda menghindari konsumsi terlalu banyak kalori dan mendorong penurunan berat badan. Mereka adalah sumber serat dan lemak bermanfaat yang luar biasa, yang mendorong rasa kenyang dan mempercepat metabolisme, membantu penurunan berat badan. Untuk memakannya, hancurkan atau tambahkan ke dalam salad. Anda juga bisa memanggangnya dan memakannya.

3. Biji Bunga Matahari
Biji bunga matahari adalah pilihan padat nutrisi bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan berlebih. Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, biji bunga matahari bisa menjadi pilihan bagus untuk camilan mengenyangkan yang dapat membantu mengendalikan nafsu makan yang tidak diinginkan karena kaya akan vitamin, mineral, dan lemak sehat. Vitamin E, antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi metabolisme dan mengurangi peradangan, juga melimpah dalam biji ini. Mereka bisa dikonsumsi mentah atau dipanggang.

4. Biji Rami
Pilihan lain untuk membantu menurunkan berat badan adalah biji rami. Asam alfa-linolenat (ALA), asam lemak omega-3, merupakan komponen lain dari biji rami, yang juga tinggi serat makanan dan lemak baik. Semua nutrisi ini mendukung kestabilan kadar gula darah dan mengurangi nafsu makan, sehingga meningkatkan kontrol asupan kalori. Biji bergizi ini juga mendorong rasa kenyang. Nikmati dalam sereal, yogurt, atau smoothie.

5. Biji Chia
Biji chia terkenal dengan kandungan nutrisi dan manfaatnya untuk menurunkan berat badan. Karena kandungan seratnya yang tinggi, biji kecil ini membantu mencegah rasa lapar yang tidak perlu, memperlambat pencernaan, dan menunda pelepasan glukosa ke dalam darah. Asam lemak omega-3, yang dapat mempercepat metabolisme dan mendorong pembakaran lemak, juga banyak terkandung di dalamnya. Biji chia bisa dimakan dalam sereal, oatmeal, dan smoothie.

Demikian beberapa biji-bijian yang dipercaya dapat menurunkan berat badan Anda.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar