Bersama Baznas, Bupati Sukoharjo Blusukan Kampung Serahkan Bantuan Rehab RTLH

Bersama Baznas, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani blusukan kampung menyerahkan bantuan rehab RTLH. Rabu (11/9/2024).

Sukoharjonews.com – Bantuan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kembali diberikan oleh Badan Amil Zakat Nasiomal (Baznas). Seperti biasa, bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Rabu (11/9/2024).

Dalam kesempatani ini, Baznas memberikan bantuan rehab RTLH di dua kecamatan, yakni Kecamatan Baki dan Kecamatan Grogol.

Nilai bantuan yang disalurkan bervariasi tergantung dari kondisi rumah saat dilakukan survei oleh Baznas. Bantuan rehab RTLH kali ini diberikan kepada empat penerima.

Bantuan tersebut masing-masing satu penerima di Desa Ngrombo, Kecamatan Baki dan tiga orang penerima di Kecamatan Grogol, masing-masing dari Desa Kadokan, Cemani, dan Desa Kwarasan. Bantuan rehab yang diberikan paling sedikit Rp10 juta dan paling besar Rp20 juta. Total bantuan yang disalurkan mencapai Rp55 juta.

“Kalau nilai bantuannya memang tidak sama tapi bervariasi, tergantung kondisi penerima saat dilakukan survei oleh Baznas,” ungkap Bupati.

Terkait bantuan rehab tersebut, Bupati menyampaikan jika sebelumnya warga melalui pemerintah desa mengajukan permohonan bantuan ke Bupati. Kemudian permohonan itu diteruskan ke Baznas yang bisa melakukan pencairan bantuan dengan cepat.

“Prinsipnya masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan silahkan mengajukan pada Bupati. Saya minta kepala desa, camat untuk proaktif. Jika ada warganya yang membutuhkan bantuan diajukan saja,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Sukoharjo, Sardiyono, menyampaikan jika bantuan yang disalurkan tersebut sudah melalui proses survei. Hal itu dilakukan agar bantuan yang diberikan tepat sasaran. Terkait nilai bantuan yang diberikan pun tidak sama karena mengacu pada kondisi penerima.

“Kami survei dulu ke lokasi calon penerima, jika memang memenuhi syarat, bantuan pasti cair dan nilainya disesuaikan dengan kondisi rumah penerima bantuan,” kata Sardiyono. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar