Berkunjung ke Malaysia? Jangan Lewatkan Makanan Ini!

Makanan khas malaysia.(Foto: merdeka)

Sukoharjonews.com – Makanan khas Malaysia kaya dengan cita rasanya yang unik telah berhasil memikat hati dan lidah para pendatang dari seluruh dunia. Termasuk yang berasal dari Indonesia, terutama bagi mereka yang gemar makan atau senang mendapatkan pengalaman baru dari hunting kuliner.


Malaysia memiliki banyak kuliner yang khas dan bervariasi antara satu wilayah bagian negaranya dengan yang lain. Dilansir dari Tasteatlas, pada Kamis (9/5/2024), inilah makanan khas Malaysia yang wajib Anda coba:

1. Karipap
Karipap atau curry puff adalah cangkang kue kecil yang digoreng atau dipanggang yang diisi dengan kari ayam dan kentang kental. Jajanan beraroma ini diyakini ditemukan oleh orang Melayu dari Semenanjung Malaya dan sebagian Sumatera dan Kalimantan.

Ini adalah menu sarapan populer atau camilan sore hari yang dapat ditemukan di banyak toko, bar, dan pasar. Karena sederhana dan rasanya, karipap dengan cepat menjadi populer di luar Malaysia, khususnya di Thailand dan Singapura. Saat ini karipap memiliki banyak versi, jadi selain kari kentang dan ayam, karipap bisa diisi dengan berbagai bahan lain seperti tuna, sarden, dan rendang daging sapi.


2. Roti Canai
Roti canai adalah roti pipih goreng tradisional yang terbuat dari tepung, air, telur, dan lemak asal India, tetapi terutama dikaitkan dengan Malaysia, dan negara-negara sekitarnya seperti Indonesia, Brunei, dan Thailand. Adonan roti canai dilipat berkali-kali sehingga hasil akhirnya memiliki tekstur berlapis, bagian dalam lembut, dan lapisan luar renyah.

Biasanya disajikan polos dalam bentuk bulat tradisional, sebagai pelengkap kari. Dapat disajikan sebagai pendamping atau disobek-sobek dan dicampur dengan kari. Namun roti canai sering kali dijadikan sebagai hidangan andalan, disertai dengan isian dan bahan yang berbeda-beda, gurih dan manis.

3. Kari Ayam
Kari ayam adalah kari ayam yang populer di Malaysia dan Indonesia. Terbuat dari potongan ayam, bawang bombay, bawang putih, jahe, ghee, tomat, santan, dan rempah-rempah seperti adas manis, kayu manis, daun kari, daun pandan, serai, cabai, jintan, kunyit, dan adas.

Di Malaysia, kari ayam secara tradisional diolah dalam panci tanah liat, karena tidak reaktif terhadap bumbu dan memungkinkan kari dimasak dengan sarinya sendiri. Sebelum disajikan, hidangan bisa ditaburi air jeruk nipis dan ditaburi ketumbar segar. Disarankan untuk menyajikannya dengan nasi.


4. Nasi Lemak
Tidak ada hidangan lain di Malaysia yang mengatur nasi lemak. Terdiri dari nasi yang dimasak dengan santan yang secara tradisional disajikan dengan ikan teri, mentimun, kacang tanah, dan telur rebus. Hidangan ini dibulatkan dengan tambahan sambal pedas yang disebut sambal.

Meski awalnya diciptakan sebagai hidangan sarapan, namun tak lama kemudian ia melampaui tujuan aslinya dan menjadi hidangan nasional Malaysia yang dapat disantap kapan saja. Penemuannya muncul dari kebutuhan untuk mengeksploitasi semua bahan yang tersedia, dan popularitas nasi lemak terus meningkat sejak tahun 1980-an, ketika makanan petani ini berkembang menjadi hidangan yang sering dijual oleh pedagang kaki lima di Malaysia.

5. Sate Steamboat
Sate celup adalah hidangan tradisional Malaysia, khususnya populer di negara bagian Malaka (juga dikenal sebagai “negara bersejarah”), yang dianggap sebagai favorit penduduk setempat. Ini adalah hidangan swalayan, yang terdiri dari tusuk sate daging yang diasinkan, makanan laut mentah, atau bahkan sayuran yang dicelupkan ke dalam panci berisi saus sate yang mendidih.

Sausnya terutama terbuat dari kacang tanah, cabai kering, bawang putih, dan gula palem, tetapi resep lengkapnya berbeda antara satu tempat makan dengan tempat lainnya. Biasanya sate celup disantap dengan minuman jelai, air kelapa, atau teh herbal untuk melawan pedasnya kuahnya.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *