Berkhasiat Tinggi, Ini Sederet Keunikan Buah Markisa

Manfaat buah markisa.(Foto:Alodokter)

Sukoharjonews.com – Buah markisa merupakan buah yang memiliki banyak manfaat dengan disertai oleh kandungan nutrisi yang berlimpah. Buah markisa merupakan sumber vitamin A yang baik. Vitamin A sendiri penting untuk kesehatan kulit, mata, serta sistem kekebalan tubuh.

Di sisi lain, buah markisa juga memiliki kandungan vitamin C, yang merupakan antioksidan penting. Berikut ini adalah kandungan nutrisi yang terdapat dalam satu buah markisa.

Dilansir dari gooddoctor, Minggu (20/10/2024), buah markisa kaya akan kandungan nutrisi penting, tak disangkal lagi buah markisa memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Nah, berikut ini adalah beberapa khasiat buah markisa yang perlu kamu ketahui.

1. Kandungan antioksidan yang tinggi
Antioksidan memiliki peranan yang penting bagi tubuh. Sebab, antioksidan membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Buah markisa kaya akan kandungan antioksidan, terutama vitamin C, beta karoten, dan polifenol.

Perlu kamu ketahui bahwa polifenol merupakan senyawa tanaman yang memiliki efek antioksidan serta antiinflamasi. Ini dapat berarti bahwa polifenol dapat membantu untuk mengurangi risiko peradangan kronis dan kondisi medis tertentu, seperti penyakit jantung. Sementara itu, vitamin C adalah antioksidan penting yang bisa kamu peroleh melalui makanan. Fungsinya dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Sedangkan, beta karoten juga merupakan antioksidan penting lainnya. Tubuh mengubah beta karoten menjadi vitamin A, yang mana memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan mata.

2. Sumber serat yang baik
Daging buah markisa mengandung banyak serat makanan. Serat merupakan komponen penting dari setiap makanan. Sebab, serat membantu mengatur sistem pencernaan dan menjaga usus tetap sehat.Selain itu, serat juga membantu mencegah sembelit dan gangguan pada usus. Berdasarkan American Heart Association, serat juga memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol serta meningkatkan kesehatan jantung.

3. Membantu meningkatkan sensitivitas insulin
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan di dalam biji markisa dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Meningkatkan sensitivitas insulin dapat membantu menurunkan risiko kondisi medis tertentu, salah satunya adalah diabetes.

Sebuah studi pada 2017 menemukan bahwa zat yang dikenal sebagai piceatannol yang ditemukan dalam buah markisa dapat meningkatkan metabolisme.
Penelitian menemukan bahwa pria dengan kelebihan berat badan yang mengonsumsi sekitar 20 mg picetannol per hari selama 8 minggu kesehatan metabolik dapat meningkat, termasuk peningkatan terhadap sensitivitas insulin.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, khasiat lain buah markisa
Khasiat buah markisa juga kaya kandungan vitamin C. Manfaat vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dengan cara membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi dari makanan sumber nabati. Tak sampai di situ saja, vitamin C juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Sebagai tambahan, vitamin C juga membantu dalam proses pemulihan tubuh, menurunkan peradangan, hingga melindungi sel dari kerusakan, seperti dikutip Webmd.

5. Baik untuk kesehatan jantung
Buah markisa mengandung potasium atau kalium yang baik untuk kesehatan jantung. Di sisi lain, buah markisa rendah natrium.Jika dikonsumsi bersama dengan bijinya, buah markisa mengandung banyak serat, yang mana dapat membantu mengurangi kolesterol berlebih dari dalam pembuluh darah. Mengonsumsi makanan tinggi serat juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Khasiat lain dari mengonsumsi buah markisa adalah membantu menormalkan tekanan darah.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *