Tips  

Berikut Pernyataan Sains, Air Bawang Dapat Mempengarui Pertumbuhan Rambut

Air bawang bagus untuk kesuburan rambut.(Foto:Sajian sedap)

Sukoharjonews.com – anda membuat air bawang dengan merendam irisan bawang mentah dalam toples berisi air. Idenya adalah agar sari bawang—yang kaya akan sulfur, flavonoid, dan antioksidan—meresap ke dalam air seiring waktu. Cairan tersebut kemudian dioleskan langsung ke kulit kepala dan helaian rambut Anda.

Dilansir dari Real Simple, Selasa (10/9/2024), Keputusan mengenai apakah air bawang untuk rambut akan memberikan hasil pertumbuhan rambut yang signifikan masih belum jelas , tetapi ada penelitian yang menunjukkan bahwa air bawang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan meningkatkan aliran darah. Sebuah tinjauan tahun 2002 menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan kembali rambut pada hampir 87% orang dengan alopecia areata ketika dioleskan dua kali sehari. Namun, meskipun flavonoid dalam bawang yang dikenal sebagai quercetin dianggap dapat merangsang aliran darah, ia tidak memengaruhi hormon (termasuk DHT), jadi ia bukan solusi ajaib untuk kebotakan pola.

Semua itu berarti bahwa konsep air bawang untuk rambut menarik dan berpotensi, tetapi saat ini belum ada cukup informasi untuk mengatakan bahwa itu adalah pendekatan paling efektif untuk menumbuhkan rambut Anda (dibandingkan dengan cara yang disetujui FDA seperti minoksidil). Namun, patut dicoba jika Anda tertarik dengan pengobatan alami untuk menumbuhkan rambut .

Efek Samping Penggunaan Air Bawang Merah pada Rambut
Setiap kali Anda membuat resep kecantikan sendiri, Anda berpotensi membahayakan kulit dan rambut Anda. Produk yang diformulasikan secara profesional mengandung bahan-bahan pada tingkat optimal dan pengawet untuk mencegah terbentuknya bakteri berbahaya.

“Produk-produk DIY biasanya dibuat dengan konsentrasi yang sangat tinggi dan dapat menyebabkan reaksi yang tidak diharapkan, seperti iritasi kulit, kemerahan, gatal, atau ruam pada kulit kepala,” kata Nathan Newman, MD, FAAD, dokter kulit bersertifikat dan ahli bedah kosmetik.

Dan kemudian ada kekurangan yang paling jelas: baunya. Ia menambahkan bahwa perubahan warna rambut merupakan komplikasi potensial lainnya, terutama bagi mereka yang memiliki rambut berwarna terang, dengan catatan bahwa penggunaan jus bawang secara sering dapat menyebabkan warna kekuningan sementara pada rambut.

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mencoba Air Bawang untuk Pertumbuhan Rambut
Jika Anda menyukai ide bereksperimen dengan air bawang, Korab mencatat ada produk perawatan rambut yang diformulasikan dengan air bawang, ekstrak (ekstrak allium cepa), atau jus. Produk-produk ini dikombinasikan dengan bahan-bahan lain yang juga membantu menutrisi helaian rambut Anda, pada dasarnya “menggabungkan manfaat bawang dengan komponen lain untuk formula yang menyeluruh guna meningkatkan kesehatan rambut.”

Namun jika saat ini Anda tengah berjuang melawan kerontokan rambut dan benar-benar ingin mengatasinya, pilihan terbaik Anda adalah produk yang dibuat dengan minoksidil atau finasterida, yang didukung oleh lebih banyak penelitian ilmiah yang membuktikan kemanjurannya.

“Minoxidil adalah satu-satunya bahan yang disetujui FDA untuk mengatasi kerontokan rambut secara topikal. Finasteride topikal juga terbukti bermanfaat bagi sebagian orang,” kata Dr. Spann. Dr. Camp menambahkan sampo ketoconazole ke dalam daftar ini, yang dapat membantu mengatasi ketombe untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala dan dengan demikian helaian rambut menjadi lebih kuat, lebih berkilau, dan lebih sehat.

Ketika berjuang melawan kerontokan rambut atau kesehatan yang berkelanjutan, Dr. Newman menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. “Selalu lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter kulit Anda untuk mengevaluasi alasan kerontokan rambut Anda,” katanya. “Ada banyak penyebab kerontokan rambut yang dapat diobati secara medis termasuk kerontokan rambut yang disebabkan oleh hormon, autoimun, dan infeksi.” (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *