Berikut Manfaat Niacinamide untuk Perawatan Wajah

Manfaat niacinemaid. (Foto : Alodokter)

Sukoharjonews.com – Niacinamide adalah kandungan yang sering digunakan sebagai bahan dasar produk skincare. Tak mengherankan jika produk skincare yang mengandung niacinamide ini banyak dicari, karena dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kulit berjerawat, pori-pori besar, serta garis halus dan kerutan di wajah.

Dilansir dari Siloam Hospital, Rabu (20/9/2023), Nicotinamide atau niacinamide adalah zat turunan dari niacin (vitamin B3). Meski namanya sekilas sama, niacinamide dan niacin memiliki struktur dan fungsi yang berbeda. Pasalnya, niacinamide diproduksi ketika tubuh kelebihan asupan vitamin B3 atau asam amino triptofan.

Dalam dunia dermatologi, niacinamide adalah zat yang banyak dimanfaatkan untuk mengatasi kulit berjerawat dan bercak atau noda bekas jerawat, serta membantu mengendalikan peradangan kulit akibat eksim dan acne rosacea. Zat ini bekerja dengan menghambat pelepasan zat kimia yang memicu peradangan di tubuh.

Selain itu, niacinamide juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Manfaat ini diperoleh dari cara kerja niacinamide yang mampu memperlambat proses perpindahan butir-butir pigmen (zat pemberi warna) ke dalam sel kulit, sehingga kulit terlihat lebih cerah.

Manfaat Niacinamide untuk Wajah
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, niacinamide adalah zat yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit, terutama wajah. Berikut adalah penjelasannya.

1. Melembapkan Kulit Wajah
Manfaat niacinamide untuk wajah yang pertama adalah membantu menjaga kelembapan. Niacinamide diketahui dapat membantu membangun ceramide (lapisan penghambat lemak) sehingga bisa menjaga kulit tetap lembap.

Fungsi niacinamide dalam melembapkan wajah dapat dirasakan oleh semua jenis kulit wajah, mulai dari kulit wajah kering hingga kulit wajah yang sensitif. Niacinamide juga dapat membantu membangun keratin (sejenis protein) di kulit dan mengunci kelembapannya, sehingga kulit dapat terhindar dari kerusakan akibat lingkungan.

2. Mengobati Jerawat
Niacinamide adalah salah satu kandungan skincare yang cocok digunakan oleh orang dengan kulit berjerawat, termasuk jerawat yang meradang dan parah, seperti jerawat pustula. Pasalnya, niacinamide diketahui dapat meningkatkan fungsi skin barrier. Sehingga berfungsi tak hanya mengunci kelembapan, tetapi juga dapat mencegah timbulnya iritasi akibat bakteri penyebab munculnya jerawat.

3. Mengatasi Bekas Jerawat
Niacinamide tidak hanya bisa mengobati jerawat, tetapi juga membantu menghilangkan bekas jerawat di wajah. Manfaat ini bisa didapatkan dengan menggunakan produk skincare yang mengandung niacinamide sebesar 5%.

Perlu diketahui bahwa salah satu fungsi niacinamide adalah memproduksi kolagen pada kulit di mana peningkatan kadar kolagen dapat membuat noda hitam bekas jerawat memudar atau tersamarkan secara perlahan.

Untuk mendapatkan manfaat ini secara optimal, maka gunakan produk perawatan wajah dengan kandungan niacinamide, seperti serum atau pelembap secara rutin. Anda bisa memperoleh hasilnya setelah 4–8 minggu pemakaian.

4. Mengontrol Produksi Minyak
Salah satu kegunaan niacinamide adalah membantu mengontrol kulit wajah berminyak. Niacinamide adalah zat yang mampu mengendalikan produksi minyak berlebih oleh kelenjar minyak (kelenjar sebasea). Berkat manfaat ini juga, niacinamide dapat mencegah munculnya jerawat yang disebabkan oleh minyak berlebih.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar