Berikut Fakta Madu Sebagai Obat Bruntusan di Wajah

Fakta madu untuk kesehatan kulit. (Foto: Klikdokter)

Sukoharjonews.com – Madu sering disebut-sebut sebagai obat yang “baik” untuk mengatasi jerawat karena dipercaya dapat menyeimbangkan kadar bakteri di kulit, mempercepat penyembuhan, dan menurunkan peradangan, namun tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa madu saja dapat menghilangkan jerawat.


Dilansir dari exposed skincare, Sabtu (30/12/2023), meskipun khasiat tertentu dari madu secara anekdot telah membantu beberapa orang menenangkan dan menyejukkan kulit mereka, kemungkinan besar madu tidak akan menyembuhkan jerawat Anda, dan mungkin tidak akan mengubah kesehatan dan vitalitas kulit Anda dalam jangka panjang.

Seperti banyak pengobatan alami di luar sana, madu telah digunakan selama berabad-abad untuk mencoba mencegah jerawat dan menghilangkan noda yang sudah ada.

Hal ini menciptakan kesalahpahaman bahwa hal-hal seperti masker wajah madu , perawatan bintik madu , dll. merupakan pilihan pengobatan yang cukup untuk mengatasi jerawat.

Namun kebenaran sederhananya adalah mencoba menggunakan madu untuk mengatasi jerawat tidak akan membawa manfaat apa-apa, meskipun madu berpotensi memberikan beberapa manfaat. Hal ini karena jerawat itu kompleks; itu tidak disebabkan oleh bakteri saja. Sebaliknya, pertumbuhan bakteri tertentu yang berlebihan hanyalah salah satu penyebab jerawat .

Melawan Bakteri
Bakteri yang terutama berhubungan dengan jerawat, disebut P. acnes, selalu hidup di kulit kita dan mengonsumsi minyak yang kita produksi secara alami sebagai sumber makanan.

Tidak semua bakteri buruk bagi Anda, tetapi jika jumlahnya terlalu banyak, keseimbangan yang biasanya ada pada kulit yang sehat akan terganggu. Hasilnya, produk yang dapat membatasi atau menghentikan produksi bakteri berlebih cenderung membantu membuat kulit menjadi bersih.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu memang memiliki efek penghambatan pada sekitar 60 spesies bakteri dan bersifat bakteriostatik (kemampuan untuk menghentikan produksi bakteri), yang berarti, secara teori, dapat membantu meningkatkan keseimbangan yang sehat.

Melawan Peradangan
Yang juga penting adalah kemampuan madu untuk bertindak sebagai agen anti-inflamasi , yang diyakini banyak orang menjadikannya pilihan tepat untuk mencegah timbulnya jerawat. Namun, sekali lagi, peradangan hanyalah salah satu bagian dari teka-teki; sesuatu yang meredakan kemerahan saja tidak cukup untuk mengobati jerawat Anda.

Kemampuan madu untuk menurunkan peradangan tidak memberikan manfaat dan perubahan jangka panjang yang sama pada kulit Anda dibandingkan dengan perawatan jerawat yang diformulasikan secara khusus, termasuk Basic Expose Skincare Kit .


Apakah Madu Memperparah Jerawat?
Madu seharusnya tidak memperburuk jerawat Anda kecuali Anda memiliki alergi terhadapnya, namun bukan berarti madu akan membuat keadaan menjadi lebih baik. Madu adalah bahan alami yang berisiko rendah, namun karena tidak membersihkan kulit, mudah untuk menganggapnya lebih berbahaya daripada manfaatnya.

Jika Anda tertarik menggunakan madu agar kulit tetap bersih dan terhidrasi, pertimbangkan untuk menggunakan produk yang dapat mencapai tujuan tersebut dan banyak lagi.

Beberapa produk terbaik kami, seperti Pembersih Wajah dan Clear Pore Serum , mengandung asam salisilat, bahan pelawan jerawat yang mengelupas kulit dengan lembut dan mengurangi penumpukan minyak. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *