Berikut Cara Alami Menghilangkan Komedo dengan Bahan Rumahan

Menghilangkan komedo dengan bahan rumahan. (Foto: everyday health)

Sukoharjonews.com – Komedo adalah salah satu bentuk jerawat umum yang bisa muncul kapan saja. Anda bisa mencoba pengobatan rumahan untuk menghilangkan komedo jika Anda tidak ingin pergi ke salon atau klinik.

Dikutip dari Healthshots, pada Jumat (8/9/2023), komedo secara ilmiah dikenal sebagai komedo terbuka, yaitu sejenis lesi jerawat yang umumnya muncul di kulit, kata Dr Blossom Kochhar , Ketua, grup perusahaan Blossom Kochhar. Ini terbentuk ketika folikel rambut membesar dan tersumbat oleh minyak berlebih dan sel kulit mati. Alasan komedo berwarna gelap adalah karena saat pori-pori terbuka di permukaan kulit, bahan yang tersumbat tersebut akan terkena udara. Hal ini menyebabkannya teroksidasi dan berubah warna menjadi gelap.

Anda bisa mencoba produk yang dijual bebas dengan kandungan asam salisilat yang merupakan bahan ampuh menghilangkan komedo. Jika tidak, Anda dapat mencoba pengobatan rumahan untuk komedo berikut ini:

1. Soda kue dengan air
Campurkan soda kue dengan air hingga menjadi pasta. Pijat lembut pasta ke kulit lembab. Saat melakukannya, fokuslah pada area yang berkomedo. Diamkan scrub selama beberapa menit, lalu gunakan air hangat untuk membilas wajah.

2. Multani mitti dan kulit jeruk
Campurkan multani mitti dan kulit jeruk dengan baik, gunakan untuk menggosok area yang terkena dengan lembut. Biarkan selama 5 hingga 10 menit. Gosok perlahan lalu basuh wajah Anda dengan air. Multani mitti dikenal karena sifatnya yang menyerap minyak, sehingga efektif mengendalikan minyak berlebih pada kulit, kata Dr Kochhar. Kulit jeruk mengandung vitamin C dan asam sitrat yang dapat mencerahkan kulit, memperbaiki tekstur kulit, dan mengurangi munculnya flek hitam.

3. Pepaya, susu bubuk, air jeruk lemon dan tepung beras
Campur pepaya, susu bubuk, air jeruk lemon dan tepung beras hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah, gosok perlahan lalu diamkan selama 5 hingga 10 menit dan terakhir bilas wajah dengan air hangat. Pepaya mengandung enzim alami seperti papain yang dapat membantu memecah dan melarutkan sel kulit mati serta minyak berlebih. Tindakan enzimatik ini selanjutnya dapat membantu menghilangkan komedo, kata sang ahli.

4. Gula dan jus lemon
Campurkan satu sendok makan gula pasir dengan jus setengah lemon. Campurkan gula dan lemon untuk membentuk pasta berpasir. Pijat lembut ke kulit Anda dan biarkan selama lima hingga 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Butiran gula membantu pengelupasan kulit, sedangkan jus lemon dapat membantu mencerahkan kulit.

5. Lulur madu dan kayu manis
Campurkan satu sendok makan madu dan setengah sendok teh bubuk kayu manis dan tunggu hingga semua bahan tercampur rata. Oleskan pada wajah dan gosok perlahan lalu diamkan selama 10 menit sebelum membilas wajah. Meskipun madu memiliki sifat antibakteri alami, kayu manis dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit.

Anda juga bisa mencoba masker tanah liat untuk mengeluarkan minyak dan racun dari kulit. Hal ini pada gilirannya akan membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan secara bertahap membantu menghilangkan komedo.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar