Berikut 5 Cara Mudah Memilih Durian yang Matang

Memilih durian yang matang. (Foto: unsplash)

Sukoharjonews.com – Apa kamu sering gagal dalam memilih durian yang enak dan legit. Memang memilih durian yang berkualitas dan memiliki rasa yang enak tidaklah mudah.


Dilansir dari detikFood, Minggu (23/7/2023), sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memilih durian yang enak dan matang, berikut 5 cara tersebut

1. Perhatikan Tangkai Durian
Untuk mengetahui durian yang enak dan sudah matang, hal ini bisa dilihat dari fisik durian. Karena fisik dari durian juga dapat menentukan kualitas durian tersebut. Catur Andriyanto, selaku pengelola kebun durian Warso Farm yang telah 12 tahun bergelut di industri durian menyarankan, agar memperhatikan tangkai durian terlebih dahulu sebelum membelinya.

Jika tangkai durian tersebut tampak masih basah atau lembap, berarti durian masih segar. Namun, jika durian memiliki tangkai kering dan tidak segar, itu menandakan bahwa kualitas rasa durian tidak terlalu bagus. Catur mengatakan, bahwa tangkai durian yang masih basah dan terlihat segar merupakan durian yang jatuh langsung dari pohon karena sudah matang.

2. Pukul Durian untuk Mendengar Bunyinya
Untuk mengetahui durian sudah matang atau belum, hal ini juga dapat ditentukan oleh bunyi durian. Untuk itu, kamu bisa memukul bagian bawah durian dengan pisau atau menggunakan tangan jika sudah terbiasa.


3. Cium Aroma Durian
Durian memang dikenal memiliki aroma yang tajam dan menyengat. Nah, melalui aromanya tersebut ternyata juga dapat menentukan kualitas dari durian.

Caranya, pilihlah durian yang kamu inginkan, kemudian cium aroma durian tersebut, jika aromanya tajam dan harum artinya buah sudah matang. Namun, jika tidak ada aromanya berarti durian belum matang.

4. Jangan Membeli Durian dengan Kulit Terbuka
Agar bisa mendapatkan durian yang enak, kamu perlu menghindari memilih durian yang bagian kulitnya sudah setengah terbuka. Pasalnya, bagian kulit durian yang sudah terbuka dapat membuat gas yang berada di dalam buah langsung menguap, sehingga cita rasa durian yang legit menjadi berkurang.

Catur juga menyarankan agar membeli durian yang masih utuh di dalam cangkangnya. Karena menurutnya, daging durian yang sudah terkena tangan atau kulit dapat membuat rasa durian jadi lebih cepat asam.

5. Mencoba Sebelum Membeli
Untuk mendapatkan durian yang enak dan sesuai dengan lidahmu, pastikan untuk mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli. Apalagi kini, hampir semua penjual durian memperbolehkan pembeli untuk mencoba dulu durian yang mereka inginkan.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *