Beri Nutrisi Pada Otak Anda dengan Makanan Ini

Makanan yang baik untuk nutrisi otak. (Foto: cokin)

Sukoharjonews.com – Pilihan makanan Anda secara signifikan memengaruhi kinerja otak Anda. Setiap hari, sebagian besar energi tubuh Anda dicurahkan untuk mendukung berbagai fungsi fisiologis yang diatur oleh otak. Dari mengawasi sistem saraf hingga mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh Anda, otak tanpa lelah menjalankan peran penting. Bahkan selama 7-8 jam tidur yang Anda nikmati setiap malam, otak Anda tetap aktif. Untuk memastikan pasokan energi yang konstan bagi otak Anda, sangat penting untuk memasukkan makanan yang dikenal sebagai “makanan otak” ke dalam makanan Anda.

Dikutip dari The Statesman, pada Minggu (28/1/2024), berikut adalah makanan yang baik untuk nutrisi otak Anda:

1. Ikan Berminyak
Yang terdepan dalam daftar ini adalah ikan berminyak, kaya akan asam lemak omega-3 yang terkenal dapat membangun membran otak. Studi menunjukkan bahwa omega-3 dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan retensi. Baik itu salmon, rohu, atau tuna, beragam pilihan memungkinkan Anda memasukkan keajaiban omega-3 ini ke dalam makanan Anda setiap hari atau setidaknya tiga kali seminggu.

2. Gandum Utuh
Menjaga kestabilan kadar gula darah sangat penting untuk menghindari terhambatnya perkembangan otak dan berkurangnya kemampuan kognitif. Memilih makanan dengan indeks glikemik rendah sangat ideal untuk perkembangan otak. Biji-bijian utuh, dibandingkan dengan karbohidrat atau karbohidrat olahan, melepaskan energi lebih bertahap, mencegah lonjakan dan penurunan energi secara tiba-tiba. Pasta gandum utuh, gandum, quinoa, dan oatmeal adalah pilihan yang sangat baik untuk mendukung kesehatan otak.

3. Kacang-kacangan dan Biji-bijian
Mengikuti kebijaksanaan yang diwariskan oleh ibu dan nenek, memasukkan segenggam kacang-kacangan dan biji-bijian ke dalam menu makanan sehari-hari memang bermanfaat. Sama seperti ikan berminyak, kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan asam lemak omega-3 dan nutrisi penting lainnya yang penting untuk perkembangan kognitif. Selain itu, buah ini mengandung Vitamin E, yang seiring waktu dapat mengurangi risiko penurunan kognitif terkait usia dan kehilangan memori. Gabungkan variasi, seperti biji bunga matahari, almond, biji labu, dan biji rami, ke dalam rutinitas harian Anda.

4. Jeruk
Sebagai buah musim dingin yang kaya akan Vitamin C dan nutrisi lainnya, jeruk merupakan tambahan ajaib untuk perkembangan otak dan kesehatan otak secara keseluruhan. Antioksidan kuat yang ada dalam jeruk memerangi radikal bebas yang berpotensi merusak sel-sel otak.

Kesimpulannya, dengan tetap menjaga jumlah yang moderat, pertimbangkan untuk memasukkan buah beri, coklat hitam, kopi, dan makanan penambah otak lainnya ke dalam makanan Anda untuk meningkatkan kesehatan otak.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar