Benarkah Telapak Tangan Berkeringat Tanda Punya Penyakit Jantung

Tanda penyakit jantung. (Foto: unsplash)

Sukoharjonews.com – Keringat merupakan cairan alami yang keluar dari tubuh dengan fungsi untuk menstabilkan suhu inti tubuh. Biasanya keringat keluar di dahi, tangan, leher, atau bagian tubuh lainnya.

Dilansir dari Verry Well Health, Selasa (18/7/2023), pada beberapa orang keringat juga muncul di bagian telapak tangan. Kondisi ini sering kali dikaitkan dengan penyakit jantung oleh kebanyakan orang. Padahal, ada beberapa faktor lainnya yang membuat seseorang mengalami telapak tangan berkeringat.

Untuk mengetahui apa saja penyebab telapak tangan berkeringat selain penyakit jantung, mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

1.Adanya Perubahan Emosional Secara Drastis
Perubahan emosional secara drastis menjadi alasan pertama mengapa telapak tangan seseorang mengeluarkan keringat. Fenomena ini kerap terjadi pada orang yang tengah mengalami situasi menegangkan, menakutkan, atau mengkhawatirkan.

Perasaan cemas, takut, stres, malu, serta gugup dapat memicu pelepasan asetilkolin secara tiba-tiba ke dalam aliran darah. Asetilkolin adalah neurotransmitter yang mampu menstimulasi otot supaya berkontraksi menyampaikan sinyal di satu sel ke sel lainnya.

Kondisi tersebut nantinya dapat merangsang saraf postganglionik hingga menyebabkan pelepasan keringat secara spontan.

Selain membuat telapak tangan berkeringat, perubahan emosional secara drastis juga bisa membuat orang jadi kesulitan berkonsentrasi, pusing, ingin buang air kecil terus-menerus, dan sakit perut.

2. Mengalami Hiperhidrosis
Hyperhidrosis atau hiperhidrosis adalah kondisi di mana seseorang mengalami keringatan berlebih yang tidak berhubungan dengan cuaca panas, perubahan emosional, atau berolahraga.

Kondisi ini dinilai cukup mengganggu aktivitas sehari-hari orang yang mengalaminya. Sebab, melansir Mayo Clinic, hiperhidrosis biasanya tidak hanya muncul di bagian telapak tangan, tetapi juga ketiak hingga wajah yang setidaknya terjadi satu kali dalam seminggu.

Meski begitu, hiperhidrosis bukan termasuk masalah kesehatan yang tidak dapat diatasi. Kamu bisa memakai antiperspiran atau melakukan terapi. Apabila masih tidak membantu, lakukan pemeriksaan ke pelayanan kesehatan untuk mengetahui solusinya lebih lanjut.

3. Karena Penyakit Diabetes
Seperti yang diketahui, diabetes adalah penyakit yang penderitanya mencapai 30 juta orang di Indonesia pada tahun 2018, menurut laporan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Lantas, mungkin ada yang bertanya-tanya, bagaimana diabetes menjadi salah satu penyebab telapak tangan berkeringat?

Ada banyak dampak yang disebabkan oleh diabetes, termasuk telapak tangan berkeringat. Kondisi tersebut terjadi akibat kadar gula darah sangat tinggi, sehingga menyebabkan risiko gangguan saraf perifer. Gangguan inilah yang akan menyalurkan informasi tidak normal ke otak dan berakhir pada peningkatan kerja kelenjar keringat dalam tubuh.

4.Adanya perubahan hormon
Selain emosional, perubahan hormon pun dapat memengaruhi seberapa banyak seseorang berkeringat. Hormon di sini berhubungan dengan perubahan pada perempuan yang mengalami menopause.

Menopause adalah berakhirnya siklus menstruasi yang biasanya terjadi pada perempuan berusia 45 sampai 55 tahun. Salah satu gejala menopause, yakni hot flashes. Ini ditandai dengan munculnya sensasi panas pada tubuh yang berakibat pada keringat berlebih.

Tak jarang, telapak tangan terkena dampak dari gejala tersebut. Pada beberapa kasus, hot flashes terjadi pada malam hari serta diikuti dengan kulit menjadi kemerahan.

5. Faktor Keturunan
Penyebab terakhir telapak tangan basah atau berkeringat, yaitu karena faktor keturunan. Umumnya, faktor ini terjadi akibat kelenjar keringat yang sangat aktif. Kelenjar tersebut biasa disebut ekrin.

Ekrin adalah kelenjar keringat yang jumlahnya paling banyak di dalam tubuh. Ekrin dapat ditemukan di ketiak, wajah, kaki, dan telapak tangan. Ketika kelenjar ekrin sangat aktif, ini akan berdampak pada banyaknya keringat yang diproduksi tubuh, tidak terkecuali di telapak tangan.

Itulah penyebab telapak tangan berkeringat selain tanda penyakit jantung. Perlu diketahui, bila kamu merasa bahwa keringat pada telapak tangan sudah berlebihan, segera periksa ke layanan kesehatan untuk mengetahui penyebabnya.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar